x

Sosok Berjasa Kawal Piala Dunia U-20, Respons Iwan Bule Bikin Netizen Mewek

Kamis, 30 Maret 2023 17:58 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Perpisahan Mochamad Iriawan sebagai Ketum PSSI di depan pelatih Shin Tae-yong dan skuad Timnas Indonesia U-20 di Lapangan A Senayan, Rabu (15/02/23).

INDOSPORT.COM - Sosok yang berjasa dalam memenangkan bidding dan langsung mengawal persiapan Piala Dunia U-20 2023, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule jadi sorotan netizen.

Sebagaimana diketahui, Indonesia sukses memenangkan bidding pemilihan host Piala Dunia U-20 pada bulan Oktober 2019 lalu. Mestinya ajang ini dihelat di tahun 2021.

Namun karena pandemi Covid-19, FIFA membatalkannya dan memberikan jatah bagi Indonesia untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023, pada 20 Mei-11 Juni 2023 nanti.

Siapa sangka, saat perhelatan Piala Dunia U-20 kurang dari dua bulan lagi, FIFA justru mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah perhelatan Piala Dunia U-20 2023.

Banyak spekulasi bermunculan, mulai dari ketidaksiapan venue pertandingan, adanya Tragedi Kanjuruhan yang memakan korban, hingga penolakan Israel di Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Golongan yang paling merasa dirugikan atas keputusan ini, tentu saja para pemain Timnas Indonesia U-20 yang digembleng habis-habisan oleh Coach Shin Tae-yong.

Hokky Caraka dkk sudah melakukan persiapan jangka panjang, mulai dari masa kepemimpinan Mochamad Iriawan di PSSI, hingga kini beralih ke masa Erick Thohir.

Baca Juga

Sayangnya, Erick Thohir gagal melobi FIFA untuk tetap menggelar Piala Dunia U-20 di Indonesia. Hasil ini tentu membuat Moch Iriawan ikut merasakan kekecewaan.

Ajang yang ia perjuangkan sejak masa bidding, agar para pemain Indonesia bisa mencicipi Piala Dunia, kini kandas hanya dalam hitungan pekan menuju hari H.

Baca Juga

1. Surat Terbuka Iwan Bule Bikin Netizen Nangis

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-20 vs Suriah U-20 pada laga AFC U20 Asian Cup di Stadion Lokomotiv (Toshkent (Tashkent)), Sabtu (04/03/23). (Foto: PSSI)

Mantan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengunggah sebuah video bernuansa hitam-putih melalui laman media sosial Instagram dan Twitter-nya.

Dalam video tersebut, nampak bagaimana ia senantiasa mendampingi Shin Tae-yong, dan memberi perhatian serta dukungan moril kepada pemain Timnas Indonesia U-20.

Kini, saat Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, Iwan Bule kembali memberikan petuah untuk membangkitkan semangat para pemain Garuda Muda.

"Teruntuk anak-anakku pemain Timnas U-20. Saya tahu ini bukanlah situasi yang mudah untuk kalian hadapi," tulis Iriawan.

"Saya tahu bahwa kalian telah bekerja sangat keras untuk mempersiapkan diri dan siap bertanding dengan penuh semangat di depan pendukung, suporter Indonesia."

Baca Juga

"Rasa kekecewaan dan frustasi pasti dirasakan oleh kalian semua, dan saya turut merasakannya."

"Anak-anakku, saya sangat bangga dengan semangat juang yang kalian tunjukkan selama ini di lapangan."

"Ini adalah saat yang tepat bagi tim untuk menunjukkan karakter sejati sebagai tim yang tangguh dan pantang menyerah."

Baca Juga

"Saya bersama seluruh masyarakat Indonesia akan terus mendukung dan mendoakan kalian. Teruslah berjuang untuk sepak bola Indonesia," pungkas Iwan Bule.

Khususnya di media sosial Instagram, surat terbuka Iwan Bule ini disukai oleh puluhan ribu orang dalam hitungan jam saja, dan menuai ribuan komentar, mayoritas menambahkan emoji menangis.

Baca Juga
PSSIPiala Dunia U-20Timnas IndonesiaBola InternasionalIwan BulePiala Dunia U-20 2023Mochamad IriawanKetua Umum PSSIBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini