x

Usai 'Terusir' dari Skuad Barcelona, Gavi Bikin Masalah dengan Timnas Spanyol?

Jumat, 31 Maret 2023 21:25 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pemain Barcelona, Gavi saat memenangi Kopa trophy

INDOSPORT.COM – Gavi dikabarkan membuat drama dengan Timnas Spanyol imbas dari namanya resmi dicoret dari dari skuad senior Barcelona oleh LaLiga, kompetisi teratas Liga Spanyol (LaLiga).

Gavi sudah tidak lagi berstatus sebagai pemain utama di skuad senior Barcelona setelah LaLiga menghapus namanya dari daftar pemain Blaugrana yang didaftarkan musim ini.

Dihapusnya Gavi dari skuad utama Barcelona ini merupakan drama lanjutan perselisihan antara Barcelona dengan LaLiga terkait kontrak sang pemain.

Selain itu, keputusan ini merupakan buntut dari ditolaknya banding Barca ke pengadilan setempat agar tetap bisa memakai jasa Gavi di skuad utama Xavi Hernandez.

Saat pencoretan tersebut, Gavi sedang bertugas di timnas Spanyol untuk menjalani Kualifikasi Euro 2024 selama jeda internasional Maret ini.

Baca Juga

Dilansir dari Barcablaugranes, sosoknya pun jadi sorotan menyusul rumor bahwa pencoretan tersebut membuat peraih trofi Kopa pada Ballon d’Or 2023 ini bersikap kenakak-kanakan di timnas.

Sebuah laporan dari Relevo mengklaim federasi sepak bola Spanyol (RFEF) tidak senang dengan sikap Gavi yang menolak hadir di acara penandatanganan dengan La Furia Roja.

Baca Juga

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa Gavi banyak mengeluh karena dimainkan di sayap kiri serangan Spanyol dan situasi ini membuat pihak RFEF khawatir.

Pasalnya, sikap yang ditunjukkan Gavi ini kabanya juga sampai menimbulkan ketegangan di antara para pemain Timnas Spanyol selama sesi latihan jelang laga Kualifikasi Euro 2024.

Untungnya, laporan tersebut disanggah langsung oleh RFEF. Kepada media Spanyol Mundo Deportivo, RFEF menegaskan sikap dan tindakan Gavi di Timnas Spanyol menjadi teladan.

Baca Juga

1. Gavi Dipuji Pelatih Anyar Timnas Spanyol

Selebrasi Gavi (kiri) pasca mencetak gol untuk Spanyol di laga kontra Republik Ceko (06/06/22). (Foto: REUTERS/David W Cerny)

Dalam pernyataan resminya, RFEF menyatakan bahwa Gavi tidak bisa hadir ke acara penandatanganan bersama Timnas Spanyol karena mengalami cedera kepala dan tidak enak badan.

“RFEF juga mengatakan Gavi sangat keras di lapangan tetapi dia bukan satu-satunya, dan ketegangan di tempat latihan kerap terjadi di dalam tim dari waktu ke waktu,” tulis Mundo Deportivo.

Terlepas dari rumor tak enak yang hinggap pada Gavi, sosoknya membuat pelatih baru Timnas Spanyol, Luis de la Fuente merasa puas setelah jadi pemain kunci skuad besutannya.

La Fuente menganggap Gavi sebagai pemain tengah masa depan Spanyol bersama rekan satu timnya di Barcelona, Pedri, yang terpaksa absen karena cedera.

Gavi memerankan dua posisi, yakni lini tengah dan mampu melebar ke sisi sayap dalam 12 bulan terakhir.

Baca Juga

Kemampuannya yang serba bisa dan mentalnya yang kuat membuat Gavi dianggap sudah cukup dewasa untuk memikul beban lebih berat.

“Dia adalah pemain dengan banyak sumber daya. Saya pikir posisi idealnya lebih ke dalam,” kata La Fuente dilansir dari Football Espana, Selasa (28/03/23).

“Seiring waktu dia akan mengendalikan situasi seperti ini, tapi beri saya Gavi dibandingkan tipe pesepak bola lain, dengan keinginan dan dorongan yang dia miliki. Ini menular untuk tim,” ujar La Fuente menegaskan.

Baca Juga

Timnas Spanyol yang diperkuat Gavi meraih kemenangan 3-0 atas Norwegia di matchday 1 Kualifikasi Euro 2023 sebelum dipukul 2-0 secara mengejutkan oleh Skotlandia pada matchday kedua.

Setelah merampungkan tugasnya di Timnas Spanyol, Gavi pun tidak bisa bergabung lagi dengan skuad senior Barcelona karena pencoretan namanya kemarin.

Gavi selanjutnya akan kembali mengenakan nomor punggung 30 dan kontraknya juga akan segera habis pada 30 Juni 2023 mendatang.

Baca Juga

Sumber: Mundo Deportivo

SpanyolBarcelonaLiga SpanyolTim Nasional SpanyolBerita Liga SpanyolGavi

Berita Terkini