x

Termasuk Weghorst, 3 Rekrutan Terbaik Direktur Olahraga Baru Liverpool Jorg Schmadtke

Selasa, 30 Mei 2023 21:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, telah menunjuk Direktur Olahraga baru pada diri Jorg Schmadtke.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Inggris (Premier League), Liverpool, telah menunjuk Direktur Olahraga baru pada diri Jorg Schmadtke.

Pria berkebangsaan Jerman itu ditunjuk menjadi Direktur Olahraga baru untuk menggantikan Julian Ward yang hengkang dari jabatannya.

Klub yang berasal dari Merseyside ini langsung menunjuk Jorg Schmadtke untuk menghadapi bursa transfer musim panas 2023 yang akan segera resmi dibuka.

Pos Direktur Olahraga ini menjadi penting karena perannya untuk mengidentifikasikan pemain yang cocok diboyong oleh Liverpool.

Kini, klub berjuluk The Reds itu bisa sedikit tenang menyambut bursa transfer musim panas 2023 setelah meresmikan Jorg Schmadtke.

Baca Juga

Liverpool FC dapat mengonfirmasi Jorg Schmadtke telah ditunjuk sebagai direktur olahraga klub yang baru,” tulis pernyataan klub dikutip dari laman resminya, Selasa (30/05/23).

Dalam laporan Liverpool Echo, pria berusia 59 tahun itu hanya akan menduduki jabatan Direktur Olahraga baru dengan kontrak jangka pendek.

Baca Juga

Sehingga, rumor yang menyatakan bahwa Jorg Schmadtke akan menjadi konsultan klub untuk masa mendatang diyakini benar adanya.

Meski hanya akan jadi Direktur Olahraga baru dalam waktu singkat, pengalaman Jorg Schmadtke tak bisa diragukan lagi dalam mencari pemain berbakat.

Sebab, Jorg Schmadtke tercatat memiliki beberapa rekrutan terbaik dalam kariernya sebagai Direktur Olahraga yang bisa dimanfaatkan Liverpool. Siapa saja rekrutan terbaiknya itu?

Baca Juga

1. Ada yang Jadi Incaran Liverpool

Ron-Robert Zieler.

1. Ron-Robert Zieler

Ron-Robert Zieler merupakan kiper berkebangsaan Jerman yang menjadi salah satu rekrutan terbaik Jorg Schmadtke selama menjadi Direktur Olahraga.

Kiper yang kini telah berusia 34 tahun itu diboyong oleh Jorg Schmadtke saat masih Direktur Olahraga Hannover 96 pada 2010 lalu.

Saat itu, Zieler diboyong langsung dari akademi Manchester United secara gratis. Sejak kedatangannya itu, Hannover 96 tampil moncer hingga menembus Liga Champions dan Liga Europa.

Bahkan, Zieler masuk dalam skuad Jerman untuk Piala Dunia 2014 dan memberikan sumbangsih membawa Der Panzer menjadi kampiun.

Kini, Zieler dikabarkan bakal reuni dengan Jorg Schmadtke, setelah dirinya masuk dalam radar Liverpool untuk menjadi pelapis Alisson Becker.

Baca Juga

2. Anthony Modeste

Saat Jorg Schmadtke menjadi Direktur Olahraga FC Koln pada 2014, ia mendatangkan nama Anthony Modeste ke klubnya pada 2015 dari Hoffenheim.

Saat itu, Modeste diboyong dengan harga hanya 4,5 juta euro saja. Harga semurah itu ternyata berbanding terbalik dengan kualitasnya.

Baca Juga

Di musim pertamanya dan keduanya bersama FC Koln, Modeste mampu mencetak 15 gol dan 25 gol dari total 68 laga di Liga Jerman 2015/16 dan 2016/17.

Karena penampilannya itu, FC Koln kemudian dipinjamkan ke Tianjin Quanjian di China pada 2017 dengan mahar 7,5 juta euro dan semusim kemudian dijual dengan harga 29 juta euro.

Pada 2018, Modeste kembali ke FC Koln dan mampu mencetak 11 gol dari 28 laga, sebelum akhirnya ia dilepas lagi ke Borussia Dortmund pada 2022 dengan harga 5,5 juta euro.

Baca Juga

2. Jadi Penyerang Man United

Striker Manchester United, Wout Weghorst. (Foto: REUTERS/Tony Obrien)

3. Wout Weghorst

Salah satu rekrutan terbaik dalam karier Jorg Schmadtke sebagai Direktur Olahraga terjadi di Wolfsburg pada 2018 lalu saat dirinya merekrut Wout Weghorst.

Kala itu, Jorg Schmadtke merekrut Weghorst dari AZ Alkmaar dengan harga hanya 10,5 juta euro saja, dan bertahan di klub selama 3,5 musim.

Selama 3,5 musim di Wolfsburg, penyerang berpaspor Belanda ini mampu mencetak 70 gol dan 22 assist dari 144 penampilan di segala ajang.

Hal ini membuat Burnley memboyongnya pada Januari 2022 dengan harga 17,5 juta euro. Sayangnya, ia gagal membawa timnya bertahan dan terdegradasi.

Karena degradasi, Burnley meminjamkannya ke Besiktas di Turki pada Juli 2022 dan bertahan hingga Januari 2023 karena dipinang Manchester United.

Meski gagal tampil mengesankan di Manchester United, Jorg Schmadtke membuktikan dirinya bisa merekrut talenta tersembunyi pada dirinya dan bisa meraih profit serta benefit dari kedatangannya di Wolfsburg.

LiverpoolIn Depth SportsRon-Robert ZielerAnthony ModesteWout Weghorst

Berita Terkini