x

3 Pelatih Kelas Dunia yang Bisa Dibujuk Erick Thohir untuk Gantikan Shin Tae-yong di Timnas

Rabu, 31 Mei 2023 16:53 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Jumpa pers Timnas Indonesia jelang FIFA Matchday melawan Timnas Burundi yang dihadiri oleh pelatih Shin Tae-yong dan pemain Asnawi Mangkualam di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (24/03/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI periode 2023-2037, Erick Thohir belum bisa memastikan bagaimana masa depan Shin Tae-yong menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia.

Seperti diketahui, kontrak Shin Tae-yong menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia akan berakhir sebentar lagi, tepatnya pada Desember 2023 mendatang.

Meski begitu, Shin Tae-yong telah menyepakati perpanjian perpanjangan kontrak jangka pendek selama dua bulan. Hal itu karena Timnas Indonesia tampil di Piala Asia 2023 Qatar pada 12 Januari-10 Februari 2024. 

"Ya memang sudah ada pembicaraan dengan coach Shin Tae-yong bahwa, beliau itu kontraknya habis pada Desember 2023," ujar Erick Thohir pasca pelantikan pengurus PSSI periode 2023-2027 di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Jumat (26/05/23) lalu.

"Dan opsinya apa, perpanjang atau tidak perpanjang. Tetapi kami ada kesepakatan bahwa kami akan mempersiapkan hingga Piala Asia 2023," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Setelah gelaran Piala Asia 2023 Qatar selesai, Erick Thohir sepertinya masih belum tahu mengenai masa depan pelatih Korea Selatan tersebut.

Meski begitu, fans Garuda tidak perlu kuatir, karena Erick Thohir memiliki banyak relasi dengan para pelatih kelas dunia.

Baca Juga

Apalagi dirinya baru saja membuat dunia terkejut setelah sukses melobby Timnas Argentina untuk mau bertanding melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni 2023.

Berikut INDOSPORT telah merangkum tiga pelatih kelas dunia yang bisa dibujuk oleh Erick Thohir agar mau menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia:

Baca Juga

1. 1. Jose Mourinho

Aksi Jose Mourinho di laga AS Roma vs Leicester City (06/05/22). (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Yang pertama ada pelatih kelas dunia yang mendapat julukan The Special One yaitu Jose Mourinho. Meski dianggap sangat mengejutkan, akan tetapi peluangnya untuk melatih Timnas Indonesia bukan hal mustahil.

Hal ini lantaran Erick Thohir dan Jose Mourinho memiliki hubungan dekat. Terbukti dengan video yang diunggah di Instagram belum lama ini oleh ketua Umum PSSI.

Erick Thohir memposting video ucapan selamat ulang dari Jose Mourinho pada Selasa (30/05/23) lalu. Dalam perayaan hari ulang tahun Erick Thohir ke-53, The Special One memberikan pesan singkat.

"Halo Erick. Selamat ulang tahun. Anda tahu, kami tidak pernah melupakanmu. Kami tahu ke mana arah yang kamu tuju," ujar Mourinho.

"Kami mendoakan yang terbaik untukmu. Tapi yang terpenting, kebahagiaan dan kesehatan. Sampai kita bisa segera berjumpa," tuturnya menambahkan.

Baca Juga

Sebagaimana diketahui, Erick Thohir dan Jose Mourinho memiliki catatan karier di Inter Milan, meski tidak pada periode sama.

Mourinho menjadi pelatih kepala Inter Milan pada periode 2008-2010 silam, sementara Erick Thohir memimpin klub Liga Italia tersebut sebagai presiden pada 2013-2018.

Meski demikian, hubungan baik antara keduanya tampak masih terjalin hingga saat ini. Bukan tidak mungkin Jose Mourinho akan dibujuk untuk mencari tantangan baru menjadi pelatih kepala Timnas Indonesia

2. Walter Mazzarri

Setelah Jose Mourinho, ada sosok Walter Mazzarri yang bisa dibujuk oleh Erick Thohir untuk menggantikan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

Baca Juga

Walter Mazzarri kini masih menganggur sejak meninggalkan Cagliari pada Mei 2022 lalu. Ia sudah pasti memiliki hubungan dengan Erick Thohir, lantaran pernah bekerja sama di Inter Milan pada 2013 hinga 2014.

Walter Mazzarri bukanlah pelatih sembarangan. Apalagi kabarnya Pep Guardiola pernah belajar mengenai taktik tiga bek kepada sang pelatih.

Baca Juga

2. 3. Luciano Spalletti

Luciano Spalletti, pelatih Napoli. Foto: REUTERS/Ciro De Luca

Luciano Spalletti dipastikan hengkang dari Napoli di akhir musim 2022-2023 setelah membawa klub tersebut juara Liga Italia.

Ia memberikan alasan mengapa ingin meninggalkan Napoli. Bukan karena ada tawaran dari klub lain, dirinya hanya ingin rehat dari dunia sepak bola selama satu tahun ke depan.

"Saya perlu istirahat karena saya cukup lelah," kata Spalletti. "Saya tidak tahu apakah Anda bisa menyebutnya cuti setahun tetapi saya tidak akan bekerja. Saya tidak akan melatih Napoli atau tim lain," ujarnya dilansir dari Corriere dello Sport.

Setelah masa rehat selesai, Erick Thohir bisa membujuknya untuk mau menerima tantangan baru menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Bukan hal mustahil lantaran Erick Thohir dan Luciano Spalletti punya hubungan dekat. Kedua pria tersebut pernah bekerjasama di Inter Milan pada periode 2017 hingga 2018.

Jose MourinhoErick ThohirWalter MazzarriLuciano SpallettiTimnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini