x

Sambangi Jakarta, Roberto Carlos dkk Siap Bentuk Bintang Baru Timnas Indonesia

Rabu, 31 Mei 2023 15:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
4 sosok legenda dunia, Roberto Carlos, Juan Veron, Marco Materazzi, dan Eric Abidal siap melatih anak-anak Indonesia untuk jadi bintang Timnas.

INDOSPORT.COM - 4 sosok legenda dunia, Roberto Carlos, Juan Veron, Marco Materazzi, dan Eric Abidal siap melatih anak-anak Indonesia untuk jadi bintang Timnas.

Dalam ajang SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 baru saja berhasil meraih medali emas usai mengalahkan Thailand dengan skor 5-2 di partai final.

Ya, setelah 32 tahun, Timnas Indonesia U-22 akhirnya berhasil memulangkan kembali medali emas SEA Games ke Tanah Air.

Keberhasilan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 Kamboja itu disambut gembira dan digadang-gadang jadi momentum kebangkitan sepak bola Indonesia. 

Medali emas SEA Games 2023 itu juga jadi harapan untuk membuat ekosistem sepak bola nasional dan nantinya bisa mencatatkan prestasi di level internasional yang lebih tinggi.

Baca Juga

Tak ingin hanya menjadi mimpi belaka, sebuah program untuk mencari bibit unggul sepak bola untuk Timnas Indonesia pun digelar bertajuk BRIMO: Future Garuda.

Ajang yang diselenggarakan salah satu BUMN yang bekerja sama dengan PSSI tersebut pun digelar mulai 29 Mei 2023 hingga 1 Juni 2023.

Baca Juga

Sejumlah anak-anak muda yang berusia di bawah 16 tahun nantinya akan mengikuti program pelatihan sepak bola tersebut.

Satu hal yang berbeda dari program ini sendiri adalah keberadaan legenda-legenda sepak bola dunia yang nantinya menjadi mentor anak-anak peserta.

Legenda sepak bola tersebut adalah Juan Sebastian Veron (Argentina), Marco Materazzi (Italia), Eric Abidal (Prancis), dan tak ketinggalan Roberto Carlos (Argentina).

Baca Juga

1. Para Juara Dunia Berbagi Pengalaman

PSSI menggerlar acara bertajuk Future Garuda yang dihadiri 5 legenda sepak bola dunia Marco Materazzi, Juan Sebastian Veron, Roberto Carlos, Giorgos Karagounis dan Eric Abidal di BriLian Stadium, Jakarta, Selasa (30/05/23).

Keempat legenda yang datang ke Indonesia tersebut sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, terutama karena sejumlah prestasi yang mereka dapat.

Roberto Carlos dan Marco Materazzi pernah meraih gelar juara Piala Dunia saat membela negaranya. Carlos menjuarai Piala Dunia 2002, sementara Materazzi bersama Italia di Piala Dunia 2006.

Selanjutnya ada Abidal yang jadi salah satu kunci kesuksesan Prancis berhasil melangkah ke babak final Piala Dunia 2006 dan juga 2 kali menjuarai Liga Champions bersama Barcelona.

Prestasi membanggakan juga dimiliki Veron yang sepanjang kariernya pernah meraih gelar juara bergengsi bersama Parma, Manchester United, dan Inter Milan.

Kehadiran keempat legenda sepak bola dunia yang punya segudang prestasi di acara BRIMO: Future Garuda ini jelas diharapkan bisa mendokrak kualitas talenta di Indonesia.

Baca Juga

“Untuk menciptakan kesinambungan dan meningkatkan prestasi sepak bola nasional, selain kompetisi yang sehat, kita harus support anak mudanya dari sisi apapun.”

“Kita harus punya visi, tim juara harus dibangun dan dipersiapkan dari jauh-jauh hari,” jelas Sunarso, Direktur Utama BRI.

Baca Juga

Sekadar informasi, dari kegiatan ini setidaknya sebanyak 50 anak berusia di bawah 16 tahun (U-16) menjalani sejumlah rangkaian kegiatan pelatihan hingga pembekalan bermain sepak bola.

Selain para legenda sepak bola dunia, program ini juga dihadiri oleh tokoh sepak bola nasional seperti Bima Sakti, Indriyanto, Firmansyah, dan Ilham Romadhona.

Pelatihan memfokuskan dari segi bermain dengan mengedepankan mental juara mulai dari usia muda, mengembangkan Teknik bermain sepak bola yang baik, hingga strategi bermain dalam sebuah tim.

Baca Juga

Puncak dari program ini sendiri nantinya adalah digelarnya turnamen Fourfeo Cup yang nantinya Abidal, Materazzi, Veron, dan Carlos memilih di antara 50 anak itu ke dalam timnya.

PSSIMarco MaterazziEric AbidalJuan Sebastian VeronRoberto CarlosLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-22

Berita Terkini