x

Nasib Piala Indonesia Menggantung Terus, PSSI Pusing Tentukan Prioritas?

Kamis, 1 Juni 2023 17:55 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali.

INDOSPORT.COM - Wakil Ketua Umum PSSI, Zainudin Amali, memberi bocoran tentang nasib Piala Indonesia 2023-2024. Turnamen ini masih menggantung karena pihaknya harus mempertimbangkan beberapa event internasional. 

Diketahui, Piala Indonesia biasanya digelar oleh PSSI sebagai kejuaraan pendamping. Turnamen itu melibatkan klub Liga 1, Liga 2, dan Liga 3.

Musim lalu, Piala Indonesia tidak digelar karena masalah waktu dan kesulitan mendapat sponsor. PSSI kesulitan menentukan jadwal untuk menggelar kejuaraan, sebab Liga 1 dan Liga 2 saat itu baru bergulir kembali.

Situasi serupa kemungkinan terulang tahun ini atau untuk musim baru. Bos Persib, Teddy Tjahjono membeberkan beberapa pertimbangan, salah satunya kemungkinan sulitnya mendapatkan izin, apalagi akan ada agenda politik tahun depan.

Menyoal hal tersebut, Waketum PSSI meminta klub dan penggemar sepak bola agar bersabar. Ketum Erick Thohir tidak akan mengambil keputusan sepihak karena harus dihitung untung ruginya. 

Baca Juga

"Ya nanti tunggu saja. Karena semua keputusan Pak Erick Thohir tak mau memutuskan sendiri, beliau selalu membawa ke rapat Exco," kata Zainudin Amali.

PSSI sedang fokus ke timnas Indonesia dan beberapa event internasional yang akan diikuti seperti Piala AFF U-23, Kualifikasi Piala Asia U-23 2024, Kualifikasi Piala Dunia 2026 hingga Piala Asia. Piala Indonesia masih berada dalam daftar antrian. 

Baca Juga

"Sedang dibicarakan, pelan-pelan lah. Pelan-pelan dikerjakan mana yang memungkinkan. Karena kita ini juga menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-23, ada banyak kegiatan. Dilihat mana ya harus diikuti dan mana yang tidak," jelas Waketum PSSI.

Piala Indonesia terakhir digelar pada 2018/2019. PSM Makassar keluar sebagai juara setelah mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-1 di final (format home away).

PSM pun bermain di Piala AFC 2022. Tapi, langkah Juku Eja di Piala AFC terhenti setelah di final zona ASEAN kalah dari Kuala Lumpur FC dengan skor akhir 2-5.

Baca Juga

1. Masih Mengambang

Logo Piala Indonesia musim 2018/2019.

Di sisi lain, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir juga belum bisa menjelaskan secara detail soal nasib Piala Indonesia musim depan. Jawabannya masih mengambang. 

"Kalau kemarin berhenti, kita tahu banyak isu yang tidak terhindarkan. Piala Indonesia itu bagian yang kita introspeksi," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

Sementara itu, Presiden Madura United, Achsanul Qosasi, menilai Piala Indonesia harusnya digulirkan. Dengan demikian klub bisa memanfaatkan pemain, terutama kuota asing yang musim depan bertambah jadi 5+1.

Baca Juga

Dengan banyaknya pemain asing, pria yang akrab disapa AQ itu mengatakan klub terhitung rugi karena membayar mahal jasa legiun asing hanya untuk satu kompetisi.

Persib BandungPSSILiga IndonesiaBola IndonesiaZainudin AmaliPiala IndonesiaOne Football

Berita Terkini