x

Segera Diperkenalkan, Bos Persis Solo Ungkap Proses Panjang Datangkan 3 Pemain Asing

Senin, 5 Juni 2023 16:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Jaimerson Xavier salah satu pemain asing yang dipertahankan Persis Solo untuk Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Persis Solo segera memperkenalkan tiga pemain asing baru menatap kompetisi Liga 1 2023-2024. Proses Laskar Sambernyawa mendapatkan nama-nama baru ternyata butuh tahapan yang panjang.

Persis Solo bakal memaksimalkan regulasi enam pemain asing pada musim ini. Makanya, Laskar Sambernyawa memburu tiga nama baru karena tiga slot lain sudah diisi Alexis Messidoro, Fernando Rodriguez dan Jaimerson Xavier.

Sejauh ini, Persis Solo masih menutup rapat nama-nama yang akan datang. Tiga nama yang baru akan bermain di Liga Indonesia ini butuh waktu istirahat setelah menyelesaikan tugas bersama klub lamanya.

Namun, di media sosial sudah beredar rumor tentang nama-nama yang akan hadir, seperti Diego Bardanca (Filipina), Moussa Sidibe (Mali) dan Francisco Rivera (Spanyol).

Jika memang ketiganya yang akan merapat, artinya Persis Solo dihadapkan pada tantangan berat. Meski ketiganya punya track record bagus, namun sepak bola Indonesia butuh adaptasi atau pendekatan yang berbeda.

Baca Juga

Ternyata, faktor adaptasi itu sudah dibahas cukup lama oleh tim Persis Solo. Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok, menjabarkan proses panjang untuk menentukan setiap nama.

"Kita lihat faktor adaptasi. Ada beberapa negara yang memiliki cuaca berbeda, style main berbeda, kultur pemain berbeda, itu akan lebih sulit untuk adaptasi," kata Edwin Klok.

Baca Juga

"Untuk pemain yang kita datangkan, adaptasi akan gampang. Kita evaluasi lama untuk pemain yang kita kontrak sekarang. Kita evaluasi bersama antara scouting team, pelatih, analyst team, dan beberapa hal yang kita pertimbangkan untuk ambil keputusan," lanjut Edwin Klok.

Tak ketinggalan adalah menggali informasi dari klub-klub lamanya. Persis Solo tak mau memiliki pemain yang secara kualitas mumpuni, namun di luar lapangan memiliki tingkah kurang baik.

"Kita lakukan background check, meski pemain punya profil yang kita butuhkan, seperti coach Leo selalu bilang butuh karakter Sambernyawa, tapi kalau kita dapat informasi dari klub lain bahwa pemain ini malas atau tidak bagus dalam grup atau sering berantem dengan pelatih, berarti itu tidak cocok," ungkap Edwin Klok.

Baca Juga

1. Target Tinggi

Leonardo Medina saat memimpin sesi latihan Persis Solo sebagai persiapan Liga 1 2023/2024 di Stadion Sriwedari. (Foto: Persis Solo)

Edwin Klok pun optimis bahwa tiga pemain asing yang akan bergabung sesuai dengan kebutuhan Persis Solo.

Pada musim ini, Persis Solo memiliki target untuk bisa masuk babak final four Liga 1 2023-2024, setelah musim lalu sukses menembus sepuluh besar.

Bahkan, meski saat ini belum gabung latihan, para pemain ini sudah bekerja keras di negaranya. Mereka butuh waktu rehat sejenak setelah tugas bersama klub lamanya selesai.

"Kita sering berkomunikasi sama mereka tentang program latihan yang mereka lakukan. Ya mereka pemain profesional, mereka latihan mandiri terus," papar Edwin Klok.

"Beberapa pemain juga baru saja menyelesaikan liga, mereka tidak terlalu lama tanpa main bola. Mereka hanya libur mungkin dua minggu," imbuhnya.

Baca Juga

Dalam waktu dekat, Persis Solo akan memperkenalkan empat nama baru. Satu pemain lokal disebut-sebut sebagai Ramadhan Sananta.

Edwin Klok juga memastikan tim senior akan mempromosikan pemain dari Persis Youth. Sejauh ini ada sembilan nama yang diajak latihan di tim senior, termasuk Romadona yang baru menyelesaikan masa peminjaman di RANS Nusantara FC.

Baca Juga

"Ini ada empat pemain baru dan ada beberapa pemain dari akademi. Kita masih evaluasi soal beberapa yang akan kita promosikan ke tim senior," ungkap Edwin Klok.

Sejak memulai latihan pada 20 Mei 2023 lalu, Persis Solo sudah melakukan uji coba melawan tim Persis Youth U-20. Rencananya, Persis Solo akan melakukan uji coba melawan tim Liga 1.

Baca Juga
Bursa TransferPersis SoloLiga 1Leonardo Medina Arellano

Berita Terkini