Tour de Flores

Kurang Dana, NTT Harapkan Sponsor Dukung Tour de Flores

Kamis, 16 Maret 2017 17:52 WIB
Editor: Gema Trisna Yudha
 Copyright:

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih kekurangan dana untuk pelaksanaan balap sepeda internasional Tour de Flores 2017 yang akan berlangsung di Pulau Flores pada 9-14 Mei 2017 mendatang.

Panitia pelaksana atau Event Organizer (EO) balap sepeda sepanjang 600 kilometer ini membutuhkan dana Rp6 miliar. Sementara pemerintah provinsi hanya menyiapkan dana sebesar Rp3 miliar saja.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Marius Ardu Jelamu pun berharap, EO pelaksana dapat mencari dukungan sponsor untuk menutupi kekurangan dana. 

"Kita masih diskusi juga karena berat juga kalau APBD provinsi menanggung seperti itu, jadi kita harapkan sisanya bisa didapat oleh EO," katanya.

Ilustrasi balap sepeda.

Dia mengatakan, dukungan dana juga disiapkan Pemerintah Kabupaten Lembata untuk acara pembukaan, dan kabupaten yang dilintasi di Pulau Flores seperti Flores Timur, Sikka, Ende, Ngada, Manggarai, Manggarai Timur, dan Manggarai Barat.

Marius berharap, EO bisa bekerja lebih keras untuk menggandeng sponsor sehingga bisa membantu meringkankan biaya yang ditanggung APBD Provinsi dan kabupaten.

"Kami harapkan juga sponsor bisa memberikan dukungan supaya tidak terlalu menguras APBD, kami masih harus berkoordinasi lagi terkait dukungan sponsor," katanya.

Dia berharap, pemerintah daerah di lokasi persinggahan atau etape bisa menyiapkan berbagai event sosial dan budaya untuk dipromosikan kepada pembalap maupun wisatawan lain yang ikut dalam event internasional ini.