Komunitas Sehat

Patut Dicontoh, Tips Diet Usai Lebaran Ala Menpora Malaysia

Minggu, 9 Juni 2019 13:05 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Instagram/Syed Saddiq
Syed Saddiq, Menpora Malaysia yang baru. Copyright: © Instagram/Syed Saddiq
Syed Saddiq, Menpora Malaysia yang baru.

INDOSPORT.COM – Momentum Hari Raya Idul Fitri atau lebaran dirayakan oleh seluruh umat Islam di dunia dengan bersilaturahmi dan bersuka cita. Beragam hidangan menggugah selera juga disediakan untuk disantap bersama keluarga besar.

Misalnya di Indonesia, terdapat kudapan berat yang kerap kali menjadi andalan hidangan hari raya, seperti ketupat, lontong, rendang, hingga opor ayam. Namun satu hal yang patut diwaspadai usai menyantap hidangan lebaran adalah naiknya berat badan secara drastis.

Namun tak perlu takut, karena beragam olahraga fisik dapat mengembalikan berat badan menjadi ideal. Beberapa olahraga ringan seperti bersepeda dapat membakar kalori dan lemak untuk mengurangi berat badan, seperti yang dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq.

Melalui sebuah postingan di akun Instagram pribadinya, @syedsaddiq, menteri berusia 26 tahun itu mengaku menjaga berat badan ideal pasca-Idul Fitri dengan bersepeda.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Ride to eat💪🏻. Time to burn off the Hari Raya diet😆

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

“Bersepeda untuk makan. Saatnya untuk membakar diet Hari Raya,” tulisnya di bagian keterangan foto unggahan tersebut.

Bersepeda memang diakui sebagai olahraga fisik yang cukup ringan, namun ampuh dalam membakar kalori dan lemak. Aktivitas motorik ini juga mampu menguatkan dan mengencangkan otot seperti paha dan betis.

Bersepeda dengan kecepatan 10 mph saja sudah bisa membakar hingga 260 kalori dalam waktu satu jam. Selain itu, bersepeda juga sangat baik dilakukan untuk melatih otot paha sekaligus bokong dan jika dilakukan secara teratur bisa mempertahankan bentuk tubuh yang ramping.

Manfaat lainnya dari aktivitas bersepeda yakni meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru sehingga pekerjaan menjadi lebih efisien. Meski tak dalam momentum hari raya, bersepeda dapat menjadi solusi alternatif untuk berolahraga sehari-hari guna menjaga kesehatan tubuh.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%