Jelajah Sulawesi Utara, Event Sepeda Ini Bangkitkan Sport Tourism Indonesia

Kamis, 10 Juni 2021 13:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© The TX Tondano Manado Road Bike Challenge
The TX Tondano Manado Road Bike Challenge. Copyright: © The TX Tondano Manado Road Bike Challenge
The TX Tondano Manado Road Bike Challenge.

INDOSPORT.COM - Pada awal 2021, Kemenparekraf RI lewat Menteri Sandiaga Uno telah bersinergi dan berkomitmen untuk mengembangkan Sport Tourism via sejumlah penyesuaian dalam penyelenggaraannya. 

Ada pun cabang olahraga yang semakin digemari di tengah pandemi virus corona adalah bersepeda. Selain hobi, cabor ini terbukti mampu menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Untuk mendukung upaya pemerintah, Transvision berencana menggelar “The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021” pada 3-4 Juli 2021. Sebuah ajang balap sepeda di Tondano dan Kota Manado yang rencananya diikuti lebih dari 200 pesepeda dari seluruh Indonesia. 

Event ini akan dihadiri juga oleh beberapa pegiat sepeda, antara lain Agustin Ramli, Xtin Milan dan Markoneng. Tujuan acara ini adalah untuk mengembalikan gairah di sektor pariwisata sekaligus mengobati kerinduan masyarakat untuk ikut serta dalam event olahraga sepeda.

“Transvision berharap kegiatan wisata olahraga melalui The TX Tondano Manado Road Bike Challenge 2021 ini dapat meramaikan dan membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi,” jelas Peter Gontha selaku Dirut Transvision dalam jumpa pers di Menara Bank Mega, Jakarta, Rabu(9/6/21). 

Dia mengatakan, peserta tidak diharuskan menggunakan sepeda balap saat event berlangsung, tapi juga diperbolehkan memakai semua jenis sepeda, baik sepeda lipat, BMX atau jenis lain.

"Inilah rangkaian pertama dari 5 kegiatan yang akan diselenggarakan pada tahun 2021. Peserta juga tidak dibatasi, siapa pun boleh ikut. Turis mancanegara juga silakan kalau mau ikut," cetusnya.

Alasan lokasi Road Bike Challenge 2021 di Sulawesi Utara karena di sana merupakan satu dari lima destinasi super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah, tepatnya di Likupang. Empat lokasi wisata lain adalah Danau Toba (Sumatra Utara), Candi Borobudur (Jateng), Mandalika (NTB), dan Labuan Bajo (NTT).

"Selain Tondano dan Manado, kita nanti juga akan ke Likupang. Kami ingin promosikan daerah ini dan memberikan kontribusi kepada negara. Rencananya, Menparekraf (Sandiaga Uno) nanti ikut bergabung. Dia ada pertandingan golf di sana, setelah itu ikut bersepeda bersama kami," tutur Peter.