Menpora Siapkan Rp50 Miliar Agar 'eSports' Hadir di Kurikulum Sekolah

Selasa, 29 Januari 2019 11:36 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
© Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi. Copyright: © Muhammad Nabil/INDOSPORT
Menpora Imam Nahrawi.

INDOSPORT - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan eSports atau ‎dunia olahraga elektronik bakal diusulkan masuk dalam kurikulum formal di sekolah.

Hal ini dikarenakan melihat perkembangan dunia olahraga elektronik atau eSports yang semakin marak di Indonesia.

"Ke depannya, di level sekolah menengah harus membuka diri bagi hadirnya pertandingan e-Sport," ucap Imam di Sekretariat Kabinet, Jakarta, Senin (28/01/19).

Selain itu, Imam juga mengklaim bahwa telah menyiapkan anggaran sebesar 50 miliar rupiah untuk mendanai langkah tersebut.

"Kita kurang lebih menyiapkan sekitar 50 miliar rupiah untuk menggulirkan ini sebagai sesuatu yang menarik dan terbuka di level-level sekolah nanti," pungkasnya.

Selanjutnya, Imam juga menjelaskan dana tersebut akan mulai cair setidaknya setelah Piala Presiden e-Sport 2019 berakhir. 
Beliau berjanji setelah penyelenggaraan kompetisi tersebut, pemerintah akan terus mengembangkan ekosistem eSports di Indonesia.

Untuk mewujudkannya, Imam mengaku akan bekerja sama dengan berbagai kementerian terkait, mulai dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan hingga Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

"Saya kira ini benar-benar momentum yang bersejarah bahwa Presiden pun tidak hanya melihat ini hanya sebagai hobi, kesenangan. Tapi ini akan dikawal dan difasilitasi  sedemikian rupa oleh pemerintah," tutur Imam.

Imam Nahrawi berharap nantinya bakal lahir atlet-atlet masa depan di cabang olahraga eSports untuk membawa nama harum Indonesia. 

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita eSports dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM    

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%