Ada Unsur Terapeutik, Tetris Juga Bisa Bermanfaat untuk Kesehatan

Jumat, 15 Februari 2019 16:30 WIB
Penulis: Nugrahenny Putri Untari | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Plymouth University/Lloyd Russell
Ilustrasi bermain Tetris. Copyright: © Plymouth University/Lloyd Russell
Ilustrasi bermain Tetris.

INDOSPORT.COM - Menurut sebuah studi yang belum lama ini dilakukan oleh Universitas Califormia, bermain Tetris ternyata bisa menjadi tips khusus untuk menghilangkan stres, cemas, dan bimbang.

Diwartakan The National, seorang profesor bernama Kate Sweeny memaparkan Tetris dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada para pemainnya setelah mereka sukses menghilangkan kotak.

“Karena Tetris adalah permainan yang sederhana. Hampir semua orang bisa merasakan kepuasan mendengar suara dan melihat tampilan ketika mereka menyelesaikan sebuah garis,” kata Profesor Sweeny.

Selain itu, sebuah studi lainnya yang dilakukan sejumlah peneliti Universitas Plymouth bekerja sama dengan Universitas Queensland pada tahun 2014, menyebut bahwa Tetris pun bisa membantu pemainnya mengontrol konsumsi makanan dan minuman secara berlebihan.

Dengan Tetris, hasil studi menunjukkan bahwa orang-orang bisa mengurangi keinginan merokok, menyantap makanan tertentu, dan bahkan mengonsumsi minuman beralkohol.

“Sangat sulit membayangkan sesuatu secara jelas ketika bermain Tetris di waktu yang sama,” kata seorang profesor bernama Jackie Andrade.

Tetris konon juga bisa membantu seseorang dengan pengidap trauma psikologis karena unsur terapeutiknya. Akan tetapi, tetap saja segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Pastikan untuk bisa mengontrol diri agar tidak keranjingan, supaya kesehatan fisik dan mental bisa tetap seimbang.

Terus Ikuti Berita Sportainment Lainnya Hanya di INDOSPORT

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%