Tips Makanan Sehat Saat Idulfitri ala Dokter Cantik Grace Hananta

Selasa, 4 Juni 2019 18:04 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Shintya Maharani/INDOSPORT
Dokter Grace Hananta membagikan tips sehat saat Lebaran. Copyright: © Shintya Maharani/INDOSPORT
Dokter Grace Hananta membagikan tips sehat saat Lebaran.

INDOSPORT.COM - Sudah menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia ketika hari raya Idulfitri tiba menjadi suatu momen wajib untuk berkumpul dengan seluruh keluarga besar. 

Maka dari itu, makan besar yang dipenuhi berbagai makanan nikmat khas Indonesia pun tidak dapat terelakkan, khususnya ketupat sayur, opor ayam, dan rendang daging menjadi menu wajib yang selalu tersedia di meja makan. 

Kebanyakan dari makanan tersebut pasti bercita rasa pedas dan mengandung santan. Tak heran seusai lebaran berat badan pun menjadi tidak terkontrol.

Oleh karena itu, INDOSPORT pun menghubungi pakar sekaligus dokter cantik, dr. Grace Hananta untuk bertanya terkait tips makanan sehat saat lebaran.

"Saat lebaran kan biasanya saatnya silahturahmi sehingga makanan yang dipersiapkan juga pasti menu spesial. Opor ayam, ketupat, sayur bersantan dan rendang rata-rata merupakan menu andalan saat lebaran."

"Karena tipe makanan2 tersebut sangat tinggi lemak jenuh maka ada baiknya untuk tetap menyiapkan sayuran lalapan atau sayuran rebus polos seperti labu siam, selada keriting, timun dan tomat sebagai pendamping karena fungsi seratnya untuk membantu mengikat lemak dari makanan dan membuat gula darah tidak cepat naik tinggi," ujar alumni dari Universitas Tarumanegara ini. 

Dr. Grace juga menyarankan untuk penderita penyakit khusus seperti hipertensi, hiperkolesterol, atau diabetes untuk berlaku hati-hati saat menyantap makanan dengan memperhatikan dan mengambil porsi makan yang secukupnya saja.

"Jangan lupa penderita diabetes harus memperhatikan porsi untuk kudapan yang manis, bertepung, dan es sirup. Sebaiknya lebih memilih es teh tawar atau air mineral saja," tambahnya. 

Bukan hanya hati-hati dalam memilih menu, dr. Grace juga memberi 'warning' agar lebih bijaksana dalam bersantap. 

"Stop makan saat sudah merasa kenyang, agar tidak tergoda makanan dapat lebih banyak ngobrol dengan keluarga atau kerabat."

Terakhir, tidak lupa Grace juga menyarankan agar tidak lupa berolahraga saat momen lebaran tiba. 

"Olahraga tetap rutin sesuai kebiasaannya. Atau bisa juga dapat menutup acara lebaran dengan berjalan-jalan di sekitar rumah atau mall," tutupnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%