Jadi Populer di Indonesia Masters, Ini Makna Lagu Sinanggar Tullo

Minggu, 19 Januari 2020 21:09 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lagu daerah asal Sumatera Utara, Sinanggar Tullo mendadak jadi populer setelah dikumandangkan di ajang Indonesia Masters 2020. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Lagu daerah asal Sumatera Utara, Sinanggar Tullo mendadak jadi populer setelah dikumandangkan di ajang Indonesia Masters 2020.

INDOSPORT.COM - Lagu daerah asal Sumatera Utara, Sinanggar Tullo mendadak jadi populer setelah dikumandangkan di ajang Indonesia Masters 2020.

Ya, dalam ajang bulutangkis yang dihelat di Istora Senayan mulai dari Selasa (14/01/20) hingga Minggu (19/01/20), Sinanggar Tullo menjadi salah satu lagu daerah yang diputar sembari menunggu pertandingan dimulai.

Entah kebetulan atau tidak, pasca lagu masyarakat Batak itu diperdengarkan, tiga wakil Indonesia yang berlaga di partai final Indonesia Masters 2020 (Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Anthony Ginting) berhasil merebut gelar juara.

Saking hebatnya, banyak netizen yang meminta lagu Sinanggar Tullo wajib diputar setiap wakil Indonesia bertanding di berbagai kejuaraan, tidak terkecuali Olimpiade.

Terlepas dari itu, lagu Sinanggar Tullo sendiri sebenarnya memiliki makna yang jauh dari dunia olahraga. Alih-alih lagu tersebut justru menggambarkan perasaan galau seorang pria Batak.

Dilansir dari situs Budaya Indonesia, lagu Sinanggar Tullo mencerminkan keluh kesah seorang perjaka yang dipaksa mencari jodoh dari marga Tobing, yang notabene marga ibunya. Dalam adat Batak sendiri hal itu lazim dikenal dengan istilah pariban.

Meski memiliki makna yang jauh dari dunia olahraga, lagu Sinanggar Tullo memiliki irama yang menghentak dan lirik yang mudah diingat, hingga akhirnya tetap enak di dengar di berbagai acara, termasuk Indonesia Masters 2020.

Sekadar informasi, setelah Indonesia Masters 2020, beberapa wakil Indonesia akan kembali berusaha mengharumkan Tanah Air dalam ajang Thailand Masters 2020.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%