Olimpiade 2016

Mengenal Rahadewi Neta, Wasit Pertama Indonesia di Ajang Olahraga Terbesar Dunia

Sabtu, 23 Juli 2016 10:50 WIB
Penulis: Lanjar Wiratri | Editor: Rizky Pratama Putra
© Internet
Rahadewi Neta Copyright: © Internet
Rahadewi Neta

Wasit menjadi sosok sentral yang wajib ada dalam pertandingan olahraga karena tugasnya sebagai pengadil. Tak banyak sosok wanita memilih profesi ini, oleh sebab itu dunia perwasitan hingga kini masih didominasi oleh pria.

Meski jumlah wasit wanita masih bisa dihitung dengan jari, namun hal tersebut sama sekali tak menghalangi langkah Rahadewi Neta. Neta, panggilan akrabnya, merupakan sosok wasit taekwondo wanita internasional pertama asal Tanah Air yang dipercaya untuk memimpin pertandingan di Olimpiade 2016.

Jauh dari sorotan, Neta nyatanya telah merintis kariernya sebagai seorang wasit internasional sejak beberapa tahun silam. Meskipun harus menghadapi banyak batu sandungan karena urusan gender dan tak adanya dukungan dari pemerintah Indonesia, Neta tak menyerah.

Perlakuan berbeda harus diterima Neta jika dibandingkan dengan atlet yang sukses mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Bahkan pemerintah sama sekali tak menyadari eksistensinya hingga ia dipercaya untuk menjadi wasit Olimpiade 2016.

Berikut profil Rahdewi Neta, wasit wanita pertama asal Indonesia di ajang Olimpiade 2016 yang coba dirangkum INDOSPORT;

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%