25 Tahun Lalu, Tyson Dikalahkan Petinju Underdog

Kamis, 19 Februari 2015 17:26 WIB
Editor: Galih Prasetyo
 Copyright:

Tokyo 25 tahun silam terjadi pertarungan antara petinju kelas berat. Mike Tyson yang kala itu sedang naik daun bertemu dengan petinju kurang dikenal, Buster Douglas. Publik dan pasar taruhan tentu menjagokan Mike Tyson untuk memenangkan pertandingan tersebut dengan mudah. 

Pertandingan ini memperebutkan titel juara dunia kelas berat yang saat itu dipegang Mike Tyson. 

Tyson jadi jumawa dan seperti diatas langit karena ekspektasi publik terhadapnya. Hasil akhir pertandingan justru kebalikannya. Douglas mampu membuat publik terhenyak dan Tyson KO pada ronde ke 10. Ini jadi kekalahan pertama Tyson sejak raih titel juara dunia kelas berat. Gelar itu terbang ke Douglas. 

Hasil pertandingan ini jadi salah satu kejutan terbesar dalam sejarah olahraga. Pemuda asal Columbus, Ohio, Amerika Serikat ini menjatuhkan Tyson pada satu menit dan 22 detik sejak ronde ke 10 dimulai. 

Menurut Douglas seperti dilansir Daily Mail, ia mampu menjatuhkan Tyson karena mendapat restu dan doa dari sang ibunda sebelum bertanding. Ia sendiri tidak menyangka akan dapat menjatuhkan Tyson. 

Namun sayang, gelar juara kelas berat Douglas tidak berlangsung lama. Gelar itu direbut oleh petinju yang bakal digigit kupingnya oleh Tyson kelak, Evander Holyfield dalam pertarungan di Las Vegas delapan bulan kemudian.