In-depth

Chris John: Kisah Dramatis ‘The Dragon’ Juara Dunia WBA Satu Dekade Lalu

Jumat, 11 Januari 2019 16:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri
© INDOSPORT
Chris John petinju Indonesia Copyright: © INDOSPORT
Chris John petinju Indonesia

INDOSPORT.COM – Soal olahraga tinju, seluruh masyarakat Indonesia tentu sepakat mengenal sosok Chris John. Namanya melekat dalam benak ingatan seperti halnya Muhammad Ali.

Chris John sudah lama pensiun. Petinju asal Banjarnegara itu kini punya rutinitas lain yang tidak jauh dari dunia ring tinju yang membesarkan namanya.

Berbicara soal Chris John, ia dikenal sebagai petinju nasional yang mampu merengkuh gelar juara dunia. Ya, prestasi terbaiknya ialah ketika mampu meraih juara dunia tinju kelas bulu WBA.

Peristiwa itu sudah berlangsung lama, nyaris 15 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2003. Chris John menghadapi petinju asal Kolombia, Oscar Leon, di Bali pada 26 September 2003 silam.

Barangkali masyarakat Indonesia lupa. Akan tetapi, momen tersebut ialah salah satu peristiwa besar bagi putra terbaik bangsa di bidang olahraga.

Meskipun begitu, Chris John sempat dipandang sebelah mata. Gelar yang ia dapat di Bali itu seolah belum membuktikan apa-apa.

Chris John telah membuktikan segalanya. Perjuangan itu ia tempuh dari sejak sebelum hingga setelah meraih gelar juara dunia tinju kelas bulu WBA.