Juga Robohkan Mike Tyson, Ini 4 Kemenangan TKO Terlama Evander Holyfield

Selasa, 26 Mei 2020 10:56 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGES
Berikut ini ada 4 kemenangan Technical Knockout (TKO) terlama legenda tinju Evender Holyfield, termasuk juga robohkan Mike Tyson. Copyright: © GEORGE TIEDEMANN/GETTY IMAGES
Berikut ini ada 4 kemenangan Technical Knockout (TKO) terlama legenda tinju Evender Holyfield, termasuk juga robohkan Mike Tyson.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 4 kemenangan Technical Knockout (TKO) terlama legenda tinju Evander Holyfield, termasuk juga robohkan Mike Tyson.

Evander Holyfield merupakan salah satu petinju dunia yang lahir di Atmore, Alabama, Amerika Serikat, 19 Oktober 1962 silam (kini 57 tahun).

Dengan postur tubuh 189 cm, Holyfield cukup menakutkan bagi lawan-lawannya. Bahkan, Holyfield mendapat julukan, yakni The Real Deal kala itu.

Holyfield mengawali karier profesional tinju perdana kala bersua Lionel Byarm, 15 November 1984 silam. Laga tersebut dimenangkan Holyfield.

Catatan manis tersebut ditutup dengan baik kala Holyfield sukses mengalahkan Brian Nielsen (Denmark), 7 Mei 2011. Setelahnya, Holyfield pensiun.

Dalam 57 laga, Holyfield memenangkan 44 kemenangan, 10 kali kalah, dua kali imbang, dan sekali menang tanpa tanding (laga ke-56).

Beragam sabuk mulai dari WBO, WBF, NABC, IBF, WBA, IBO, hingga WBC, pernah digenggam oleh Holyfield semasa masih aktif bertinju dulu.

Bahkan, ada sebuah pertandingan fenomenal, dimana Holyfield sukses mempecundangi petinju ganas Mike Tyson sebanyak dua kali pada era 90-an silam.

Meski begitu, di antara banyaknya laga, Holyfield sempat meraih kemenangan dengan status TKO. Lantas siapa saja lawan yang dikalahkan Holyfield dengan label tersebut?

1. Ossie Ocasio

© Heinz Kluetmeier/Walt Disney Television via Getty Images
Legenda tinju asal Puerto Rico Ossie Ocasio. Copyright: Heinz Kluetmeier/Walt Disney Television via Getty ImagesLegenda tinju asal Puerto Rico Ossie Ocasio.

Lawan Holyfield yang sempat takluk dengan status TKO ialah wakil dari Puerto Rico, Ossie Ocasio. Kala itu, Holyfield melangsungkan laga ke-16 dan belum kalah.

Pertandingan yang berjalan di Saint-Tropez, Prancis, 15 Agustus 1987 itu, baru bisa dimenangkan Holyfield pada ronde ke-11 (dari 15 babak).

Holyfield sukses membuat Ocasio tak bisa melanjutkan pertandingan. Petinju 24 tahun itu turut mempertahankan sabuk WBA dan IBF.

2. Michael Dokes

© The Ring Magazine via Getty Images
Pertandingan tinju antara Evender Holyfield vs Michael Dokes, 11 Maret 1989. Copyright: The Ring Magazine via Getty ImagesPertandingan tinju antara Evender Holyfield vs Michael Dokes, 11 Maret 1989.

Kemudian ada sesama wakil Amerika Serikat, Michael Dokes, yang sempat merasakan kekalahan dengan label TKO dari legenda Evender Holyfield.

Laga yang berlangsung di Caesars Palace, Nevada, Amerika Serikat, 11 Mei 1989 itu, sukses membuat Holyfield menang pada babak ke-10 (dari 12 ronde) dengan status TKO.

Bisa dibilang kalau Dokes lawan yang sulit dikalahkan. Kemenangan Holyfield atas Dokes turut membawa The Real Deal memenangkan gelar juara WBC pada usia 26 tahun (143 hari).

3. Mike Tyson

© GETTY IMAGES
Pertandingan antara Mike Tyson vs Evander Holyfield yang diadakan di ring tinju MGM Grand Arena, Caesar Oalace, Las Vegas, itu berakhir dengan kericuhan. Copyright: GETTY IMAGESPertandingan antara Mike Tyson vs Evander Holyfield yang diadakan di ring tinju MGM Grand Arena, Caesar Oalace, Las Vegas, itu berakhir dengan kericuhan.

Selanjutnya ada legenda tinju fenomenal Mike Tyson yang juga mencicipi kekalahan dari pukulan Holyfield dengan cap TKO pada 9 November 1996 silam.

Holyfield baru bisa mengalahkan Tyson pada ronde ke-11 (dari 12 babak) kala waktu sisa 37 detik di MGM Grand Garden Arena, Amerika Serikat.

Kemenangan ini bahkan mengantarkan Holyfield merengkuh sabuk kelas berat WBA di usia 34 tahun. Maka Tyson jadi salah satu lawan tersulit Holyfield.

4. Brian Nielsen

© Lars Ronbog/FrontzoneSport via Getty Images
Pertandingan tinju antara Evender Holyfield vs Brian Nielsen, 7 Mei 2011. Copyright: Lars Ronbog/FrontzoneSport via Getty ImagesPertandingan tinju antara Evender Holyfield vs Brian Nielsen, 7 Mei 2011.

Terakhir, ada petinju asal Denmark Brian Nielsen yang turut merasakan kekalahan dengan status TKO dari Evender Holyfield pada 7 Mei 2011 silam.

Holyfield, yang berusia 48 tahun itu, baru bisa mengalahkan Nielsen pada ronde ke-10 (dari 12 babak). Nielsen tumbang di sisa waktu 2 menit 49 detik.

Pertandingan yang berjalan di Koncerthuset, Denmark itu memang tak menghasilkan gelar apa-apa. Namun, kemenangan ini menjadi catatan manis Holyfield di penghujung karier.