Demi Jadi Petinju Terhebat, Muhammad Ali Rela Tak Berhubungan Intim Selama 6 Pekan

Minggu, 2 Agustus 2020 15:49 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty images
Sebuah fakta cukup unik terungkap tentang kehebatan Muhammad Ali di atas ring tinju, yakni rela tak berhubungan intim selama 6 pekan. Copyright: © Getty images
Sebuah fakta cukup unik terungkap tentang kehebatan Muhammad Ali di atas ring tinju, yakni rela tak berhubungan intim selama 6 pekan.

INDOSPORT.COM – Sebuah fakta cukup unik terungkap tentang kehebatan Muhammad Ali di atas ring tinju, yakni rela tak berhubungan intim selama 6 pekan.

Para petinju memang memiliki sejumlah ritualnya masing-masing sebelum bertarung agar bisa meraih kemenangan. Ada yang menghindari mengonsumsi minuman keras, junk food, tak berpesta.

Tak hanya itu, bahkan para petinju ada yang percaya harus melakukan aktivitas hubungan seksual sebelum bertanding, yang juga dilakoni oleh Ricky Hatton dan Anthony Joshua.

Namun berbeda dengan Muhammad Ali. Melansir dari laman Daily Star, legenda tinju kelas berat itu diketahui memiliki aturan ketat dan perjanjian dengan dirinya sendiri sebelum bertanding.

Salah satunya ialah akan memaksakan dirinya sendiri untuk tak berhubungan seksual selama enam minggu lamanya, agar bisa meraih kemenangan saat berduel dengan rival sengitnya di atas ring tinju.

Namun apakah kepercayaan yang dianut oleh Muhammad Ali bernar-benar memberikan dampak saat bertarung?

Nyatanya kepercayaan tersebut tidak didukung oleh studi ilmiah. Bahkan para ilmuwan di Georgia State University telah membuktikannya dengan melakukan riset dan uji coba ilmiah. Hasilnya mengatakan bahwa tidak terjadi perubahan apapun dalam kinerja fisik tubuh.

Banyak yang menilai bahwa mitos tersebut hanya berpengaruh berdasarkan sugesti yang telah tertanam oleh para atlet sebelum bertarung. Di mana sugesti tersebut bisa saja memperkuat mental juara kala bertanding.