Galal Yafai, Kerja Serabutan Sampai Jadi Finalis Tinju Olimpiade Tokyo

Jumat, 6 Agustus 2021 18:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Luis Robayo - Pool/Getty Images
Petinju Olimpiade Tokyo 2020, Galal Yafai. Copyright: © Luis Robayo - Pool/Getty Images
Petinju Olimpiade Tokyo 2020, Galal Yafai.

INDOSPORT.COM - Petinju Inggris yang mewakili tim Britania Raya di Olimpiade Tokyo 2020, Galal Yafai, pernah kerja serabutan sebelum terjun sebagai atlet profesional.

Galal Yafai berhasil mencapai final tinju putra kelas flyweight usai mengandaskan Saken Bibossinov (Kazakhstan) di semfinal.

Di partai puncak, Yafai akan berhadapan dengan wakil Filipina, Carlo Paalam, yang mengalahkan petinju Jepang, yakni Ryomei Tanaka. Para lawan yang kalah tersebut pun pada akhirnya membawa pulang medali perunggu.

“Ini gila. Rasanya seperti mimpi,” ucap Yafai kepada BBC ketika ditanya soal dirinya yang berhasil melaju ke duel perebutan medali emas.

Yafai pun mengakui bahwa melawan Bibossinov sejatinya bukan hal mudah. Akan tetapi, dalam beberapa ronde terakhir ia berhasil menghindari rentetan serangan dari lawannya tersebut dengan baik dan penuh percaya diri.

Dengan hasil ini, Galal Yafai sudah memastikan medali perak ada di genggaman tangannya, tapi ia tentu akan berupaya semaksimal mungkin untuk meraih gelar raja tinju putra kelas flyweight Olimpiade Tokyo 2020.

Peluang itu jelas terbuka lebar, apalagi mengingat darah olahraga tinju sudah mengalir dalam keluarganya. Ia memiliki dua saudara laki-laki, Gamal dan Kal, yang berkompetisi sebagai petarung profesional.

Mereka semua bahkan tumbuh dewasa bersama sambil melakukan sparring, meski dulu Galal juga sempat menaruh hati pada sepak bola.

Namun seiring berjalannya waktu, ia ternyata ingin memfokuskan diri di olahraga tinju dan mengawali kariernya di level amatir.

Galal Yafai pun pernah bekerja serabutan di sebuah perusahaan sebelum bermimpi jadi atlet yang mewakili negaranya di ajang sekelas Olimpiade.

Ketika dulu ia hanya seorang pekerja biasa dengan hobi dan talenta bertanding tinju, kini takdir membawanya menjadi finalis Olimpiade Tokyo 2020 yang akan melawan peraih medali Asian Games  dan SEA Games.

Carlo Paalam, peraih perunggu Asian Games 2018 dan emas SEA Games 2019 ini akan jadi lawan yang berat bagi Galal Yafai. Duel keduanya bakal berlangsung pada hari Sabtu (07/08/21) pukul 12 siang WIB.