Legenda Tinju Pemilik Sarung Tinju Termahal di Dunia, Siapa Dia?

Selasa, 18 Januari 2022 16:43 WIB
Editor: Juni Adi
© Shutterstock
ilustrasi sarung tangan tinju Copyright: © Shutterstock
ilustrasi sarung tangan tinju

INDOSPORT.COM - Legenda tinju dunia yang satu ini masih memegang rekor pemilik sarung tinju termahal di dunia.

Sarung tangan tinju adalah sesuatu yang paling penting bagi pemain tinju untuk melindungi tangannya. Sarung tangan tinju dibuat dengan bahan terbaik agar para petinju merasa nyaman dalam pertandingan tinjunya.

Demi kualitas yang terbaik, sarung tangan tinju pun dijual dengan harga yang beragam sampai yang paling mahal. Percaya atau tidak sarung tangan tinju terjual bisa mencapai Rp11,9 miliar.

Angka tersebut saat ini adalah rekor tertinggi di dunia untuk sarung tinju. Rekor tersebut dipegang oleh Muhammad Ali.

Sarung tinju yang digunakannya saat pertama kali menjadi juara dunia tinju kelas berat itu terjual senilai USD836.500 atau setara Rp11,9 miliar dalam sebuah lelang.

Dilansir dari BBC, sarung tinju termahal di dunia milik Muhammad Ali bermerek Everlast yang legendaris. Ada satu pasang sarung tinju termahal lainnya milik Ali.

Yakni sarung tinju yang dipakai Ali saat melawan Joe Frazier pada 1971 silam dengan nilai taksir saat dilelang USD388.375 atau sekitar Rp5,5 miliar.

Nominal yang tinggi itu sebanding dengan nilai sejarah dari sarung tinju milik Muhammad Ali tersebut.  Laga antara Ali dan Frazier kala itu dijuluki 'Fight of the Century' atau 'Pertarungan Abad Ini'.

Pada akhir pertandingan Frazier menaklukkan Ali dan menjadi juara tinju kelas berat dunia.

Namun pertarungan belum berakhir. Rematch dilakukan sebanyak dua kali pada tahun 1974 dan 1975. Ali menundukkan Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.