Belasan Tim Voli Se-Nusantara akan Unjuk Kebolehan di Pra-Kualifikasi PON 2020

Kamis, 1 Agustus 2019 19:34 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020 Copyright: © jubi.co.id
Maskot PON Papua 2020

INDOSPORT.COM – Sebanyak 18 tim voli dari berbagai provinsi di Indonesia akan bersaing untuk mendapatkan tempat di pra-kualifikasi PON 2020 yang akan berlangsung di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, 3 s.d. 10 Agustus 2019 mendatang.

Sejumlah 12 tim bola voli putra yang akan meramaikan ajang ini berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat, dan DKI Jakarta.

Sebagaimana rilis yang diterima oleh redaksi berita olahraga INDOSPORT, untuk enam tim putri diikuti oleh provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Banten, Papua Barat, dan DKI Jakarta.

Nantinya, pada pelaksanaan pra-kualifikasi PON 2020 ini akan memperebutkan empat tempat teratas untuk putra dan empat putri. Juara PON 2016 yakni Jawa Barat dan Papua juga lolos tanpa mengikuti babak kualifikasi.

Sementara itu, tim putra Jawa Timur dan tim putri dari Jawa Barat sebagai peraih medali emas dipastikan lolos babak pra-kualifikasi.

Selain diperebutkannya empat posisi teratas yang digelar di Jakarta, satu tim putra dan satu tim putri juga masing-masing akan diambil dari Sumatra dan Sulawesi.

Hal ini juga telah dikonfrimasi secara langsung oleh Wakil Ketua Bidang Pertandingan PP PBVSI, Reginald Nelwan, yang mengatakan nantinya ada delapan tempat untuk diisi oleh tim putra dan putri.

“Sehingga secara keseluruhan cabang bola voli mendapatkan kuota delapan tim putra dan delapan putri," kata Reginald.

Ajang ini nantinya juga akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pada tanggal 3 Agustus 2019. Sejumlah laga pun bisa dinikmati para penggemar voli Tanah Air melalui siaran televisi.