x

Inovasi IBL Bikin Kaget Sekaligus Bahagia Pemain NSH

Jumat, 12 Maret 2021 20:45 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Indonesian Basketball League (IBL) memberlakukan protokol kesehatan ketat selama kompetisi berlangsung.

INDOSPORT.COM - Inovasi panitia Indonesian Basketball League (IBL) 2021 untuk menyemarakkan kompetisi di tengah pandemi menuai pujian. Pemain NSH Mountain Gold Timika, Rizky Effendi, mengaku terkejut sekaligus bahagia.

Panitia IBL dilaporkan menyiapkan layar interaktif untuk penonton agar bisa menyaksikan langsung para pemain beraksi. Hal itu yang membuat Rizky Effendi makin bersemangat karena wajah sang anak bisa muncul di LED.

Baca Juga
Baca Juga

"Saya kaget melihat wajah anak saya di layar. Sebuah kejutan," kata Rizky Effendi.

Sementara itu, direktur utama IBL, Junas Miradiarsyah, menjelaskan inovasi tersebut juga berperan penting untuk mengakomodir sponsor. Pasalnya, kompetisi tidak serta-merta jalan jika tak ada sokongan dana.

Baca Juga
Baca Juga

"Kami lakukan inovasi cukup banyak pada aspek lapangan pertandingan hingga unsur entertainment seperti suara penonton untuk unsur penyemangat pemain di lapangan," tuturnya.

"Bagian dari area lapangan ditutup penuh dengan LED untuk tayangan interaktif dengan penonton di rumah serta untuk meningkatkan value komersial kepada sponsor," imbuh Junas.


1. Protokol Kesehatan IBL Ketat

Indonesian Basketball League (IBL) memberlakukan protokol kesehatan ketat selama kompetisi berlangsung.

Di IBL 2021, protokol kesehatan jadi prioritas utama dan dijalankan sangat ketat di lapangan. Semua petugas pertandingan wajib menggunakan masker, face shield, dan sarung tangan.

Selain itu, pemain mendapat kursi single seat dengan tempat handuk, botol minum, dan hand sanitizer masing-masing serta dilarang melalukan tos usai laga.

Setiap usai pertandingan, sesuai protokol lapangan dibersihkan dan disterilisasi dengan jeda satu jam setiap sebelum pertandingan.

Hal lain dari sisi keamanan, bantalan busa juga dipasang sekeliling lapangan untuk memberi rasa ketenangan kepada para pemain.

"Protokol kesehatan IBL sangat ketat, ini memang yang harus dilakukan di masa pandemi. Semua dijaga dengan baik," kata Ebrahim "Biboy" Enguio Lopez, rekan satu tim Rizki di NSH Mountain Gold Timika.

"Awalnya memang sulit melakukan adaptasi, tetapi karena sudah melakukan protokol kesehatan sejak di klub sebelumnya, sekarang sudah terbiasa dengan protokol kesehatan dalam gelembung," pungkas Biboy.

Di sisi tayangan, agar penonton merasakan aura pertandingan seperti saat menonton secara langsung dibuat fitur laporan sisi lapangan serta kamera court side view.

Indonesian Basketball League (IBL)IBLBasketBerita OlahragaBerita Basket

Berita Terkini