x

Profil Victor Wembanyama, Mantan Kiper yang Diprediksi Jadi Pilihan Pertama di NBA Draft 2023

Rabu, 29 Juni 2022 10:35 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

INDOSPORT.COM – Mengenal Victor Wembanyama, pebasket muda Prancis yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft pada 2023 mendatang.

Dewasa ini, panggung kejuaraan basket ternama, NBA tak hanya diisi oleh para pebasket yang berasal dari Amerika Serikat saja.

Baca Juga

Beberapa pebasket dari negara-negara yang tak punya budaya basket seperti Eropa, juga mulai berangkat dan mentas di ajang ini.

Di musim 2021-2022 lalu saja, ada 107 pebasket dari 39 negara yang berstatus roster NBA berasal dari luar Amerika Serikat atau tercatat sebagai pemain internasional.

Tak mau kalah, para pemain internasional ini bahkan bisa menjadi MVP NBA. Tercatat dalam empat musim terakhir, gelar ini diberikan kepada pebasket dari Eropa.

Baca Juga

Pada 2019 dan 2020, gelar MVP diberikan kepada pebasket asal Yunani, Giannis Antetokounmpo yang membela Milwaukee Bucks.

Lalu, di NBA 2021 dan 2022, gelar MVP diberikan kepada Center Denver Nuggets yang berasal dari Serbia, Nikola Jokic.

Apa yang dicapai oleh Giannis dan Jokic menjadi bukti bahwa pebasket dari Eropa juga bisa mendominasi panggung NBA.

Baca Juga

Dalam waktu dekat, panggung NBA nampaknya akan kembali menyambut prospek hebat dari Eropa lainnya, tepatnya dari Prancis.

Prospek tersebut adalah Victor Wembanyama yang diprediksi akan jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023 nanti. Siapakah sosok pebasket satu ini?


1. Penerus Giannis Antetokounmpo

Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

Giannis Antetokounmpo nampaknya harus waspada di NBA 2023 mendatang seiring kemungkinan hadirnya penerusnya dari Prancis bernama Victor Wembanyama.

Victor Wembanyama merupakan Power Forward muda dari Prancis yang baru berusia 18 tahun. Ia dicap sebagai prospek hebat dari Eropa di generasinya yang diprediksi akan mengguncang panggung NBA.

Bahkan, media kenamaan seperti CBS Sports meyakini bahwa Wembanyama akan menjadi pilihan pertama di NBA Draft pada 2023 mendatang.

Baca Juga

Wembanyama merupakan pebasket muda berkebangsaan Prancis yang lahir di Le Chesnay pada 4 Januari 2004 silam.

Namanya melejit karena postur tubuhnya yang mencapai 2,2 meter di usia yang baru 18 tahun dan sepak terjangnya di kancah basket Eropa.

Wembanyama lahir di keluarga atlet. Ayahnya merupakan atlet lompat tinggi dan ibunya merupakan pebasket, sama halnya dengan kakak perempuannya.

Lahir dan tumbuh di keluarga atlet, Wembanyama juga bergelut di dunia olahraga sejak dini. Tak disangka, awalnya ia menggeluti sepak bola.

Baca Juga

Diketahui, Wembanyama pernah menjadi seorang kiper atau penjaga gawang. Selain itu, ia juga menggeluti olahraga Judo.

Namun karena sang ibunda, Wembanyama kemudian menggeluti dunia basket, di mana ia bermain bagi tim lokal bernama Entente Le Chesnay.

Selepas itu, Wembanyama bergabung tim basket profesional Prancis bernama Nanterre 92 pada usia 10 tahun. Sebagai informasi, sebelum bergabung Nanterre 92, orang tuanya menolak tawaran dari Barcelona dan ASVEL.

Namun setelahnya Wembanyama sempat dipinjamkan ke Barcelona pada usia 14 tahun pada 2018 lalu untuk tampil di Minicopa del Rey, di mana ia mencetak 16 poin dan 15 rebound di perebutan tempat ketiga.


2. Debutan Termuda

Pebasket muda Prancis, Victor Wembanyama, yang diprediksi jadi pilihan pertama di NBA Draft 2023. (Foto: Instagram@vicw_32)

Tahun 2019 pun menjadi tahun terbaik Victor Wembanyama, di mana ia mencatatkan beberapa torehan fantastis di ajang-ajang yang ia ikuti.

Wembanyama mampu menjadi debutan termuda kedua di EuroCup di belakang Stefan Petkovic usai tampil di usia 15 tahun 9 bulan 25 hari bagi Nanterre 92 pada 2019.

Di musim 2019-2020, Wembanyama juga bermain di Liga U-21 di Prancis dan mampu mencuri perhatian di ajang Adidas Next Generation Tournament (ANGT).

Baca Juga

Di ajang itu, Wembanyama mampu mencetak rata-rata 15,8 poin, 12 rebound, 2,8 Steals, dan 6 blok per laga. Dari sanalah namanya mulai menjadi perbincangan di kancah basket Eropa.

Pada 2021, Wembanyama kemudian bergabung ASVEL dengan tiga tahun kontrak yang bermain di EuroLeague dan berhasil membuat debutnya pada 1 Oktober 2021.

Wembanyama kemudian mampu mencetak poin tertinggi dalam kariernya pada 3 April 2022, usai mencetak 25 poin dan membawa ASVEL menang 85-65 atas Le Portel.

Baca Juga

Kiprah apiknya di usia muda bersama Nanterre 92 dan ASVEL pun lantas membuatnya meraih dua gelar pemain muda terbaik liga secara beruntun.

Kiprah menarik Wembanyama lainnya juga tercipta bersama tim nasional, yakni saat membela Prancis di FIBA U-16 European Championship pada 2019.

Di ajang itu, ia mampu mencetak rata-rata 9 poin, 9,6 rebound, dan 5,3 blok per laga yang membuat Prancis meraih medali perak.

Baca Juga

Dua tahun berselang, Wembanyama membela Prancis di FIBA U-19 World Cup 2021 dengan mencetak 14 poin, 7,4 rebound, dan 5,7 blok per laga dan membawa negaranya merebut medali perak.

Di final FIBA U-19 World Cup 2021, Wembanyama mampu mencetak 22 poin, 8 rebound dan 8 blok saat Prancis kalah 81-83 dari Amerika Serikat.

Kiprahnya sepanjang ajang FIBA di U-16 dan U-19 itulah yang membuat Wembanyama menarik perhatian para pemandu bakat NBA.

Pertanyaan pun mencuat, akankah pada NBA Draft 2023 nanti Victor Wembanyama bisa memenuhi takdirnya dan menjadi pilihan pertama seperti prediksi banyak orang?

NBAGiannis AntetokounmpoIn Depth SportsNBA DraftprofilBasket

Berita Terkini