x

Resmi! Indonesia Jadi Tuan Rumah IESF Esports World Championship 2022

Minggu, 21 November 2021 11:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena

INDOSPORT.COM - Indonesia dinobatkan sebagai tuan rumah untuk ajang IESF 14th Esports World Championship 2022, atau kejuaraan dunia eSports tertinggi saat ini.

Kabar menggembirakan ini dipastikan oleh delegasi Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Desra Firza Ghazfan, setelah ia menerima plakat seremonial, Jumat (19/11/21).

Plakat itu diserahkan langsung oleh Presiden Federasi Esports Internasional (IESF), Vlad Marinescu pada acara IESF Ordinary General Meeting di Eilat, Israel.

Baca Juga
Baca Juga

Vlad Marinescu mengatakan bahwa IESF 14th Esports World Championships 2022 akan diselenggarakan secara offline di Nusa Dua, Bali, Indonesia, 20-27 November tahun depan.

Ajang single event eSports paling bergengsi se-dunia ini akan diikuti lebih dari satu juta peserta, dengan syarat lolos kualifikasi yang digulirkan sejak Agustus 2022.

"Bali dan Indonesia sangat ideal untuk menjadi tuan rumah ajang IESF 14th Esports World Championships 2022," ucap Presiden Marinescu dalam jumpa pers, Jumat (19/11/21).

Sekretaris Jenderal Federasi Esports Asia Tenggara (SEAEF), Samart B. Assarasakorn juga bangga saat mengetahui Indonesia terpilih jadi tuan rumah kejuaraan dunia.

"Penetapan Indonesia sebagai tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 menjadi bukti bahwa ASEAN adalah regional yang siap menyelenggarakan turnamen eSports kelas dunia," ucapnya.

Baca Juga
Baca Juga

Kegembiraan yang sama juga diungkapkan Ketua Harian PB Esports Indonesia (PB ESI), Bambang Sunarwibowo. Sebab, status tuan rumah IESF 14th ini diyakini bisa menaikkan kejayaan eSports Indonesia di level dunia.

"Kami meyakini event ini akan menjadi motor berkembangnya industri eSports nasional, dan menjadi tonggak penting dalam sejarah eSports Indonesia," tuntas Bambang.


1. Terima Kasih NOC Indonesia

Ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari.

Terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah IESF 14th Esports World Championships 2022 merupakan buah diplomasi dari Komite Olahraga Indonesia (NOC Indonesia).

September lalu, Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari bertemu Marinescu di Budapest, agar salah satu pegiat eSports di Indonesia masuk dalam jajaran dewan IESF.

"Saya berharap IESF 14th Esports World Championships 2022 di Indonesia bisa menambah gairah industri eSports di Tanah Air," ungkap Raja Sapta Oktohari ke media.

Baca Juga
Baca Juga

"Apalagi event ini diselenggarakan di Bali, yang terkenal sebagai tempat peleburan kekayaan tradisi budaya masa lalu dan modern. Ini akan menjadi tempat yang pas menciptakan tradisi masa depan," tutupnya.

IESF merupakan induk organisasi olahraga eSports tertua di dunia yang berdiri sejak 2008 dengan anggota  111 negara saat ini.

Penyelenggaraan IESF 14th Esports World Championships 2022 rencananya akan mempertandingkan tiga genre game, yakni PC (komputer), mobile phone, dan konsol.

KOIBaliKomite Olimpiade IndonesiaRaja Sapta OktoharieSportsBerita eSportsPB Esports Indonesia (PBESI)IESF World Championship 2020

Berita Terkini