x

Mantap, Ranking Dunia Timnas Futsal Indonesia Melesat Ungguli Amerika Serikat dan Inggris

Selasa, 12 April 2022 17:03 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Timnas Futsal Indonesia berhasil naik tiga peringkat di ranking dunia setelah menjadi runner-up di ajang AFF Futsal Championship atau Piala AFF Futsal 2022.Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM – Timnas Futsal Indonesia berhasil naik tiga peringkat di ranking dunia setelah menjadi runner-up di ajang AFF Futsal Championship atau Piala AFF Futsal 2022.

Melansir dari laman resmi Futsal World Ranking, peringkat Timnas Indonesia naik dari awalnya 45 dunia, setelah AFF Futsal Championship 2022, kini mereka menempati posisi ke-42 per hari ini, Selasa (12/04/22).

Baca Juga

Tim asuhan Mohammad Hashemzadeh tersebut kini mengantongi 1061 poin, raihan yang sama dengan Lebanon yang juga menduduki posisi ke-42.

Hanya saja, Timnas Garuda tersebut lebih unggul karena mereka mampu naik enam tangga dari ranking sebelumnya pada 21 Desember 2022 lalu.  Sementara Lebanon justru harus turun dua peringkat dari posisi sebelumnya di urutan ke-40.

Menariknya, posisi Timnas Futsal Indonesia saat ini juga berhasil mengungguli posisi dua negara adidaya, yakni Amerika Serikat dan Inggris.

Baca Juga

Saat ini, Amerika Serikat hanya puas menduduki peringkat ke-47 dunia (1019 poin) sedangkan Inggris posisinya jauh lebih rendah yakni di urutan ke-60 (922 poin).

Naiknya peringkat Timnas Futsal Indonesia di ranking dunia ini tak lepas dari keberhasilan mereka mencapai final turnamen AFF Futsal Championship 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand.

Sayangnya, Indonesia gagal membawa pulang trofi kemenangan setelah mereka tuan rumah Thailand pada laga final di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Minggu (10/04/22) yang harus diakhiri dengan adu penalti.

Baca Juga

Dalam laga final, Indonesia sejatinya unggul dua gol terlebih dahulu melalui gol Evan Souimalena dan Ardiansyah Runtuboy.

Namun, Thailand yang tampil dengan strategi "power play" pada menit-menit akhir pertandingan berhasil menyamakan kedudukan hanya dalam waktu satu menit, tepatnya pada menit ke-40 atau di penghujung laga, berkat gol Krit Aransanyalak serta Muhammad Osamanmusa.


1. Timnas Futsal Indonesia Runner-up di Piala AFF

Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Skor imbang 2-2 pada waktu normal dan babak tambahan membuat pertandingan harus dilanjutkan ke adu penalti. 

Pada fase ini, lima penendang Thailand melaksanakan tugas dengan baik, sementara Indonesia hanya mampu memasukkan tiga bola dari empat kesempatan.

Baca Juga

Bagi Indonesia, peringkat kedua (runner-up) Piala Futsal AFF 2022 merupakan pencapaian keempat setelah sebelumnya prestasi serupa diraih pada 2006, 2008 dan 2019, di mana Indonesia selalu bersua dengan Thailand di final.

Dengan menjadi "runner-up" Piala AFF 2022, Indonesia pun dipastikan lolos ke Piala Asia Futsal AFC 2022 yang akan dilaksanakan di Kuwait pada 25 September-20 Oktober.

Baca Juga


Indonesia pun tidak pulang ke Tanah Air dengan tangan kosong karena kiper Muhammad Albagir dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik Piala Futsal AFF 2022.

Meski demikian, masih belum dipastikan apakah Timnas Futsal Indonesia mendapat kesempatan tampil di ajang SEA Games di Vietnam. Pasalnya, Kemenpora tidak memasukan futsal sebagai cabor yang diikutkan ke multievent tersebut.

Baca Juga

Tidak masuknya timnas futsal di ajang SEA Games dikarenakan kemenpora membatasi anggaran kontingen Indonesia untuk SEA Games 2022 mengingat ajang ini mengalami penundaan selama setahun.

Timnas Futsal Indonesia dianggap tidak prioritas untuk berangkat ke SEA Games 2022, karena mentok dan sulit mengalahkan Thailand yang levelnya sudah di Piala Dunia.


2. Kiper Timnas Futsal Kecewa Tak Bisa ke SEA Games 2021

Skuat Timnas Futsal Indonesia. Foto: AFF Futsal/FAT

Mendengar hal itu, kiper andalan Timnas Futsal, Muhammad Albagir mengaku sedih. Sebab, tak hanya futsal yang jadi korban, tapi banyak cabor lainnya yang dicoret.

Mimpi atlet Indonesia kan sangat banyak. Bagaimana olahraga kita mau maju, mereka setiap hari latihan, tapi gugur karena bukan jadi prioritas," ungkap Muhammad Albagir.

Baca selengkapnya: Kemenpora Coret Futsal dari SEA Games, Albagir: Bagaimana Olahraga Mau Maju?

FutsalSEA GamesTimnas Futsal IndonesiaPiala AFFAFF FutsalBerita FutsalSEA Games 2021

Berita Terkini