x

Bangga! Ranking Timnas Futsal Indonesia Tembus 40 Besar Dunia

Selasa, 24 Mei 2022 14:26 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Usai mengamankan medali perak di SEA Games Vietnam 2021, Timnas Futsal Indonesia berhasil menembus 40 besar pada ranking futsal dunia.Foto: AFF Futsal/FAT

INDOSPORT.COM – Usai mengamankan medali perak di SEA Games Vietnam 2021, Timnas Futsal Indonesia berhasil menembus 40 besar pada ranking futsal dunia.

Akun Indonesia Abroad @Idn_Abroad mengunggah tangkapan layar di Insta Story pada akun Instagram yang memperlihatkan posisi Timnas Futsal Indonesia pada ranking futsal dunia.

Baca Juga

Ditunjukkan bahwa per Selasa (24/05/22), Timnas Futsal Indonesia berhasil menembus peringkat 40 besar dunia. Tepatnya, mereka duduk di urutan ke-39 .

Timnas saat inni mengantongi 1096 poin, selisih tipis dari Kuwait yang berada di urutan ke-38 dan Australia di urutan ke-37.

Posisi Timnas Futsal Indonesia di ranking Futsal dunia.

Selain itu, Timnas Futsal Indonesia juga mampu mengungguli Libya (40) dan Vietnam yang merupakan tuan rumah SEA Games 2021 pekan lalu.

Baca Juga

Sementara di zona Asia, Timnas Futsal Indonesia berhasil menduduki urutan ke-7, di belakang Kuwait, Australia, Uzbekistan, Thailand, Jepang dan Iran yang menduduki urutan pertama.

Pencapaian terbaru Timnas Futsal Indonesia ini merupakan dampak positif atas pencapaian tim setelah mereka tampil di ajang AFF dan SEA Games 2021.

“Hasil positif Timnas Futsal Indonesia di AFF dan SEA Games berdampak di peringkat futsal dunia terbaru. Indonesia tembus di peringkat 40 besar dunia dan nomor 7 di Asia,” tulis akun Idn_abroad.

Baca Juga

Timnas Futsal Indonesia sendiri belum lama ini kembali membawa nama harum Merah-Putih dengan keberhasilan mereka mempersembahkan medali perak di ajang SEA Games 2021.

Indonesia dipastikan membawa pulang perak setelah harus puas finis di urutan kedua pada klasemen akhir cabang olahraga futsal di ajang multievent dua tahunan tersebut.


1. Timnas Futsal Raih Perak SEA Games 2021

Timnas futsal Indonesia membantai tim Malaysia dengan skor telak 3-0 pada babak penyisihan SEA Games 2021 Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5).

Thailand berhak merebut medali emas usai mengalahkan Vietnam dengan skor 2-0 dalam laga pamungkas di Ha Nam, Gymnasium, Phu Lu, Jumat (20/05/22).

Dengan kemenangan ini, Thailand sukses mengamankan posisi punca klasemen akhir dengan koleksi 10 poin dari empat laga. 

Baca Juga

Timnas Futsal Indonesia berada di posisi kedua dengan delapan angka. Vietnam yang tumbang dari Thailand harus puas dengan perunggu karena hanya memiliki poin tujuh.

Catatan Timnas Futsal Indonesia di SEA Games 2021 terbilang istimewa. Pasalnya, mereka ampu mengoleksi delapan poin usai melakoni semua jatah empat pertandingan.

Sepanjang turnamen, timnas futsal Indonesia sama sekali tak menelan kekalahan. Selain seri melawan dua favorit yakni Vietnam dan Thailand, sisa dua laga mampu dimenangi secara meyakinkan.

Baca Juga

Gawang Muhammad Albagir bahkan tetap perawan kala timnas futsal Indonesia membantai Myanmar (6-0) dan Malaysia (3-0).

Hanya saja, tambahan satu poin membuat Thailand kembali diunggulkan untuk meraih medali emas karena The War Elephant hanya tertinggal satu poin dari timnas futsal Indonesia.

Tentunya, medali perak ini menjadi hadiah yang tak terkira setelah timnas Futsal nyaris tak diberangkatkan ke SEA Games.

Baca Juga

Saat itu, Timnas Futsal hampir dicoret dari daftar kontingan Indonesia karena dianggap tak berpotensi meraih emas. Namun, penilaian berubah setelah mereka menjadi runner-up Piala AFF.

Medali perak ini juga memperbaiki pencapaian timnas Futsal Indonesia di SEA Games 2022. Mereka pernah tiga kali hanya puas dengan medali perunggu di edisi 2007, 2011, dan 2013.


2. Jangan Dipandang Sebelah Mata

Timnas futsal Indonesia membantai tim Malaysia dengan skor telak 3-0 pada babak penyisihan SEA Games 2021 Vietnam di Ha Nam Gymnasium, Senin (16/5).

Manajer Timnas Futsal Indonesia, Dimas Bagus Agung Kurniawan, mengatakan bahwa medali perak adalah pencapaian maksimal yang bisa mereka raih.

Namun, Dimas Bagus menekankan bahwa pencapaian ini jangan dipandang sebelah mata karena timnya sejatinya mampu mencatat hasil sempurna sejak awal kompetisi.

“Pertama-tama terima kasih atas perjuangan tim, semua yang terkait dengan SEA Games, dan masyarakat Indonesia yang terus mendukung sejak awal agar timnas futsal berangkat ke Vietnam,” katanya dilansir dari akun resmi Federasi Futsal Indonesia.

“Medali perak adalah pencapaian maksimal, meski belum bisa memberi emas. Terima kasih semuanya,” lanjutnya.

“Catatan pentingnya adalah selama berlaga di SEA Games, timnas futsal tidak pernah kalah.”

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih. Jangan pandang kami sebelah mata, kami ada dan berprestasi,” ujar Dimas Bagus.

FutsalTimnas Futsal IndonesiaBerita FutsalBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini