x

Rekor Terbanyak, Champion SAC Indonesia 2022 Kualifikasi Jawa Timur Diikuti Ribuan Pelajar

Sabtu, 5 November 2022 08:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
Antusias luar biasa ditunjukkan sekolah-sekolah di Jawa Timur untuk ikut berpartisipasi pada gelaran musim perdana Energen Champion Student Athletics Champions (SAC) Indonesia 2022.

INDOSPORT.COM - Antusias luar biasa ditunjukkan sekolah-sekolah di Jawa Timur. Untuk ikut berpartisipasi pada gelaran musim perdana Energen Champion Student Athletics Championships (SAC) Indonesia 2022 – East Java Qualifiers, yang berlangsung di Lapangan Atletik THOR, Surabaya, 4 hingga 6 November. 

Tercatat total sebanyak 4.076 pelajar tingkat SD, SMP, hingga SMA dan sederajat yang datang dari 373 sekolah di Jawa Timur. Ikut ambil bagian pada kompetisi atletik pelajar terbesar Tanah Air ini.

Baca Juga

Ribuan peserta itu bukan hanya berasal dari sekolah-sekolah di Surabaya saja. Tak sedikit peserta yang datang dari luar Kota Pahlawan. Seperti dari Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pamekasan, Blitar, Malang, Tulungagung hingga Bojonegoro.

Jumlah peserta sebanyak itu menjadikan pelakanaan Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Jawa Timur mencatatkan rekor jumlah peserta terbanyak.

Dibandingkan empat wilayah qualifiers sebelumnya yang telah sukses terselenggara sejak akhir September lalu. 

Baca Juga

Yakni Bali-Nusa Tenggara Qualifiers di Mataram dengan jumlah 3.898 peserta, lalu DI Yogyakarta Qualifiers yang diikuti 3.123 peserta.

Disusul Papua Qualifiers di Mimika dengan 2.500 peserta, serta Kalimantan Qualifiers di Banjarmasin dengan 2.200 peserta.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Timur Pulung Chausar, serta Ketua Umum KONI Jawa Timur Muhammad Nabil yang hadir pada hari pembukaan, dibuat geleng-geleng dengan tingginya animo tersebut. 

Baca Juga

Acara opening yang digelar pada Jumat (04/11/22) ditandai dengan menekan buzzer.

Bersama Founder & CEO DBL Indonesia Azrul Ananda, Ketua Umum PASI Jatim Prof. Dr. Nurhasan., M.Kes, Ketua Harian PASI Jatim Catur Supriyono, Kadisbudparpora Dra. Wiwiek Widayati, Marketing Communication Department PT. MPM Distributor Yahya Suprastyo, Group Regional Sales Manager PT. Mayora Indah Tbk Yudi Kurniawan, Brand Manager PT. 


1. Antusiasme Tinggi

Founder & CEO DBL Indonesia, Azrul Ananda.

Darya Varian Laboratoria Tbk dan Wakil Konsulat Jenderal Australia, Anthony Clark turut memeriahkan acara pembukaan ini.

Pulung Chausar mengaku takjub dengan antusiasme peserta yang hadir di Lapangan Atletik THOR Surabaya. Tak lupa, ia juga berterima kasih kepada para orang tua, guru dan sekolah yang telah mendukung penuh siswa-siswinya untuk ikut berpartisipasi pada kompetisi atletik pelajar terbesar tersebut. 

Baca Juga

“Kami berharap kegiatan ini bisa rutin diselenggarakan tiap tahunnya,” harap Pulung.

Sementara itu, Azrul Ananda kembali menggaungkan semangat berkompetisi dalam cabang olahraga atletik. Azrul menyebut kompetisi atletik pelajar seperti Energen Champion SAC Indonesia ini potensinya bisa lebih besar daripada basket. Karena atletik merupakan induknya semua cabang olahraga.

Baca Juga

“Atletik ini juga skill dasar kehidupan dan seru sekali. Saya dulu waktu sekolah di Amerika Serikat juga menekuni atletik,” cerita Azrul pada suporter yang hadir di tribun. “Harapan kami, adik-adik ini pernah merasakan kompetisi. Pernah merasakan lari di lintasan internasional. 

Siapa tahu dari sini akan ada pemecah rekor dunia kelak,” ujarnya.

Baca Juga

Pada hari pertama East Java Qualifiers digelar, sudah ada satu rekor yang tercipta. Tepatnya dari nomor tolak peluru putri jenjang SMP. Yang diraih oleh Siswi SMPN 24 Gresik bernama Naza. 

Taktanggung-tanggung, tolakan terbaiknya berhasil mencapai 9,77 meter. Ia berhasil mengalahkan hasil tolakan peserta yang menjadi jawara pada Bali-Nusra Qualifiers, Papua Qualifiers, Yogyakarta Qualifiers dan Kalimantan Qualifiers. 

Azrul AnandaLariDevelopmental Basketball League (DBL)YogyakartaKONI Jawa TimurYogyakarta International Series 2022

Berita Terkini