x

5 Tips Ampuh untuk Membakar Lemak Sekaligus Membentuk Otot Tubuh

Selasa, 2 Oktober 2018 12:43 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Tips membentuk tubuh ideal

INDOSPORT.COM - Punya bentuk tubuh ideal adalah dambaan hampir semua orang. Namun, usaha untuk mempunyai tubuh ideal tidaklah sesimpel yang dibayangkan. 

Untuk memiliki bentuk tubuh ideal Anda harus diet dan olahraga rutin guna menghilangkan lemak. Akan tetapi, lain halnya jika kita ingin menghadirkan otot di tubuh kita. 

Untuk membentuk otot, Anda perlu makan banyak dan mengurangi aktivitas fisik di luar jadwal olahraga Anda. Terdengar rumit bukan?

Baca Juga

Lalu, bagaimana cara menyiasati dua hal yang bertolak belakang tetapi mesti dilakukan secara berbarengan seperti ini? Berikut INDOPSORT rangkum tips untuk Anda agar memiliki tubuh ideal sekaligus sehat seperti dikutip dari hellosehat.com. 


1. 1. Fokus Latihan Kekuatan

Ilustrasi angkat beban.

Angkat beban menjadi jenis olahraga yang ideal untuk membentuk dan membesarkan massa otot. Selain mengangkat beban, latihan kekuatan seperti push up, pull up, sit up, dan squat juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk membentuk otot. 

Usahakan untuk menggerakkan semua kelompok otot utama di saat latihan dan melakukan pengulangan empat hingga tujuh perulangan dalam setiap latihan. 


2. 2. Kurangi Kalori

Ilustrasi treadmill.

Untuk memiliki bentuk tubuh serta berat badan ideal, Anda jelas harus mengurangi jumlah kalori. Caranya adalah dengan makan lebih sedikit kalori dan lebih sering untuk berolahraga. 

Mengurangi kalori membantu tubuh mempercepat proses metabolisme yang mana bisa menghilangkan lemak sambil memperlambat proses pemecahan protein. 

Kurangi asupan kalori sekitar 20-25 persen dalam sehari sehingga Anda dapat menghilangkan lemak saat proses pembentukan otot. 


3. 3. Olahraga dengan Intensitas Tinggi

Ilustrasi angkat beban.

Kombinasikan latihan kekuatan pilihan Anda (angkat beban, push up, squat, dsb) dengan olahraga kardio interval dengan intensitas tinggi, yaitu sekitar 10 - 20 menit. 

Kombinasi dua jenis olahraga yang berbeda ini membantu membakar lemak lebih efektik bahkan setelah Anda selesai berolahraga. 

Latihan kardio yang perlu dilakukan selama 3 sampai 6 hari per minggu dengan durasi yang lebih lama. Misalnya berjalan di treadmill selama 45 menit yang dikombinasikan dengan latihan beban sebanyak tiga kali per minggu.


4. 4. Makan makanan yang bervariasi

Ilustrasi makanan sehat.

Latihan saja tidaklah cukup untuk menghilangkan lemak dan mendapatkan otot yang sempurna. Agar lebih maksimal, Anda mesti makan makanan seimbang, bervariasi, dan pastinya sehat. 

Jangan sampai menu diet Anda tidak menyehatkan dan malah membuat Anda jatuh sakit karena makanan yang salah. Kesehatan tubuh tetaplah menjadi nomor satu. 


5. 5. Istirahat yang Cukup

Ilustrasi orang tidur.

Latihan dengan intensitas tinggi harus diimbangi dengan waktu istirahat yang cukup. Proses pemulihan sama pentingnya dengan latihan. 

Baca Juga

Salah satu proses pemulihan yang penting adalah tidur yang cukup. Tidur penting untuk mengistirahatkan dan memperbaiki jaringan otot yang telah rusak atau lelah selama berolahraga.

Ikuti Perkembangan Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Komunitas SehatMulti-EventTips dan Trik

Berita Terkini