x

Tak Perlu ke Gym, 5 Gerakan Workout Ini Bisa Anda Lakukan di Rumah

Minggu, 28 Oktober 2018 18:48 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi workout di rumah.

INDOSPORT.COM – Jadwal keseharian yang padat seringkali dijadikan alasan banyak orang untuk melupakan olahraga, padahal gerak olah tubuh merupakan salah satu yang badanmu butuhkan agar tetap bugar dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Walau dianggap remeh, olahraga nyatanya merupakan sesuatu yang penting. Berolahraga secara rutin memiliki banyak keuntungan untuk badan seperti mengurangi resiko terserang penyakit, tekanan darah yang tinggi, menjaga stamina, hingga mengontrol berat badan.

Baca Juga

Jika waktu yang terbatas membuat Anda enggan untuk pergi ke gym dan merupakan alasan untuk tidak berolahraga, berikut gerakan-gerakan yang dapat Anda lakukan dirumah.


1. 1. Lunge (Durasi: 2 menit)

Close Grip Push Up

Setelah pemanasan, berdiri dengan kaki selebar pinggul, lalu langkahkan kaki kanan ke depan hingga badan Anda sedikit menurun, tahan dan kembali ke posisi semula. Lakukan hal yang sama ke samping dan belakang, ulangi selama 1 menit; tukar kaki.

2. Push-up (Durasi: 1 menit)

Baringkan tubuh Anda di atas tikar atau lantai, lalu upayakan agar kedua kaki tetap berdekatan, angkat tubuh Anda ke atas dengan menggunakan lengan, tahan, lalu turunkan sampai lengan Anda ditekuk hingga terlihat seperti 90 derajat, dan ulangi.

Baca Juga

3. Squats (Durasi: 1 menit)

Berdiri dengan kaki selebar pinggul, turunkan badan hingga posisi kaki Anda membentuk sebuah sudut 90 derajat (seperti setengah jongkok), kemudian kembali ke posisi semula dan ulangi. Gerakan ini akan berguna untuk memperkuat otot pada kaki serta paha.


2. 4 Dips dengan kursi (Durasi: 1 menit)

Side Plank With Twist

Duduk di kursi bermata keras, letakkan tangan Anda di tepi kursi dengan kaki lurus, tumpukan berat badan Anda ke depan, tahan diri dengan lengan. Perlahan-lahan  turunkan bokong Anda ke lantai, tekuk lengan, angkat dan ulangi.

5.Plank (Durasi: 1 menit 30 detik)

-Full Plank : Ambil posisi seperti layaknya push up kemudian tekuk siku hingga berbentuk 90 derajat, tahan badan Anda menggunakan bagian dari telapak tangan, tahan selama 30 detik.

-Side Plank : Sekarang tumpukan badan Anda pada satu sisi ke samping hingga berat badan Anda akan bertumpu pada salah satu lengan bawah dan kaki, lakukan selama 30 detik, lalu ubah ke arah sebaliknya. Usahakan untuk mengulang dua-tiga kali sebelum pendinginan.

Itulah beberapa gerakan yang dapat Anda lakukan di rumah untuk menjaga kebugaran badan tanpa harus meluangkan waktu pergi ke tempat gym, selamat mencoba.

Penulis: Fildzah Yumna

Komunitas SehatTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini