x

4 Tips Berlari Aman di Malam Hari

Kamis, 20 Desember 2018 12:32 WIB
Penulis: Yasmin Rasidi | Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi lari di malam hari.

INDOSPORT.COM - Terkadang banyak orang yang tak sempat berolahraga lari di pagi hari sehingga memutuskan berlari di malam hari selepas pulang kerja. Bagaimana agar tetap aman?

Lari adalah olahraga murah meriah yang saat ini jadi pilihan banyak orang. Berlari membuat sehat, segar dan menurunkan berat badan. Namun, terkadang tak semua orang punya waktu berlari di pagi hari.

Berlari saat matahari tenggelam memang bukan pilihan ideal, dimana langit mulai gelap. Keamanan jelas harus jadi faktor utama agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Baca Juga

Berikut ini beberapa tips agar bisa tetap aman berlari di malam hari sebagaimana dilansir womensrunning.


1. Lewati Jalur yang Familiar

Ilustrasi Jogging.

Jangankan orang yang berlari, mengendarai kendaraan pun rentan jika melewati rute yang tak biasa dilalui. Apalagi berlari di mana jalanan mungkin mulai sepi dan rawan kejahatan.

Lewati rute yang sudah biasa dilalui. Tidak usah ngoyo mencari tantangan melewati jalur yang tak akrab untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Baca Juga

Selalu bawa kartu identitas dan telepon genggam

Ini jelas untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan tadi. Anda bisa menghubungi orang terdekat atau anggota keluarga seandainya (semoga tidak) Anda tersasar atau ada hal-hal lain yang mendesak.

Pastikan Anda terhubung dengan ponsel. Gunakan peta yang bisa membantu Anda melewati rute yang dilalui agar tak salah jalan.


2. Selalu Waspada

Sepatu Lari

Pagi saja harus waspada, apalagi malam hari. Di saat hari sudah mulai gelap, Anda harus ekstra hati-hati.

Selalu lihat sekeliling Anda dan waspada. Jangan sampai karena keasikan lari Anda tidak sadar akan bahaya yang mengancam Anda.

Baca Juga

Pakai Pakaian Warna Cerah

Ini agar Anda terhindar dari kecelakaan. Jika Anda mengenakan pakaian warna gelap, maka rentan Anda tertabrak kendaraan yang melintas.

Gunakan juga sepatu neon yang kinclong bak lampu. Saat ini, sudah banyak sepatu lari model itu yang dijual.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatLariTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini