x

6 Hal Ini Berpotensi Merusak Manfaat Olahraga Anda

Sabtu, 19 Januari 2019 08:07 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
olahraga rutin

INDOSPORT.COM – Beberapa hal berikut ini memang tidak berhubungan langsung dengan aktivitas olahraga Anda, namun tanda disadari justru merusak manfaat olahraga yang Anda lakukan.

Seperti yang diketahui, olahraga merupakan pelengkap dari gaya hidup sehat selain asupan makanan bergizi dan kecukupan istirahat.

Olahraga teratur bisa menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, mencegah Anda dari berbagi risiko penyakit, membantu tidur lebih nyenyak, meningkatkan energi, hingga meningkatkan mood.

Baca Juga

Menurut periset, olahraga sebenarnya bisa dilakukan sesuai dengan preferensi individu dan masih menghasilkan manfaat jika dilakukan dengan tepat.

Meluangkan waktu dua menit saja sudah cukup untuk mendapatkan manfaat olahraga yang maksimal, dengan catatan Anda harus bisa bersikap disiplin.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda perlu menghindari beberapa perilaku yang sebenarnya bisa menjadi kontradiksi dari latihan rutin Anda selama ini.

INDOSPORT memaparkan beberapa hal yang bisa menghilangkan manfaat olahraga:


1. 1. Tidur yang Kurang

5 Kesalahan Yang Membuat Otot Tidak Terbentuk Walau Rutin Olahraga

Sebelumnya, perlu diketahu dua bentuk utama tidur. Tidur Rapid Eye Movement (REM) dan tidur non-REM. Tidur REM yakni bentuk tidur ringan yang terjadi saat Anda terlelap dan sebelum Anda bangun, dan biasanya hanya 1-2 jam dari tidur per malam.

Sedangkan tidur non-Rem dalam tidur dalam jangka lama di mana aliran darah tidak berpindah ke otak karena kurangnya aktivitas, dan sebaliknya bergerak ke otot. Darah akan memberi otot nutrisi dan oksigen yang diperlukan agar pulih dari olahraga.

Baca Juga

Jadi, jika Anda tidak mencoba tidur nyenyak setelah berolahraga, Anda tidak akan membiarkan otot memulihkan diri, sehingga membuat Anda merasa kesakitan pada keesokan harinya.

Pastikan tidur delapan jam per malam untuk mencapai tujuan tersebut dan membantu mengatur metabolisme Anda.

2. Tidak Minum Cukup Air

Haus ketika berolahraga itu hal yang wajar dan biasanya Anda akan minum air untuk melegakannya. Namun tidak boleh mengabaikan asupan air di luar jadwal olahraga.

Baca Juga

Ketika tubuh kekurangan air, maka akan menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi akan memengaruhi suasana hati, konsentrasi, memori, kondisi kulit dan keterampilan motorik dasar serta kemampuan tubuh untuk membakar lemak secara efisien.

Nah, selain menjaga sel-sel tubuh tetap terhidrasi, minum air juga diperlukan untuk darah yang berperan sebagai sistem transportasi tubuh. Singkatnya, minumlah minuman 2,5 liter air setiap hari untuk tujuan tersebut.


2. 3. Berlatih Terlalu Keras

Ilustrasi persiapan olahraga

Olahraga dengan intensitas tinggi rupanya bukanlah hal yang tepat dilakukan, karena dampaknya akan menjadi sebaliknya.

Berolahraga terlalu keras justru akan meningkatkan stres pada tubuh Anda. Akibatnya, tubuh akan memecah tingkat kelebihan hormon stres kortisol, yang bisa menghambat kemampuan tubuh mengontrol gula darah, mengatur metabolism, dan meningkatkan peradangan otot.

Baca Juga

4. Tidak Cukup Makan

Apabila tubuh tidak memperoleh asupan makanan selama berolahraga, Anda akan mudah lelah dan butuh mengonsumsi karbohidrat setelag latihan fisik. Selain merasa mudah lelah, Anda juga akan mengalami tekanan darah rendah.

Baca Juga

Rasa mudah lelah ini timbul akibat tubuh kekurangan karbohidrat yang bisa dibakar saat berolahraga. Sebagai gantinya, tubuh akan membakar otot atau jaringan organ untuk memberikan energi. Alhasil, tubuh pun akan kehilangan massa otot dan mudah merasa lelah.


3. 5. Tidak Melakukan Peregangan

Olahraga tanpa peregangan

Peregangan merupakan hal yang sangat penting ketika Anda berolahraga, karena dapat memaksimalkan hasil latihan melalui peningkatan rentang gerak.

Baca Juga

Selain itu, peregangan juga membantu mengurangi risiko cedera dan berpotensi meningkatkan kinerja fisik Anda.

6. Olahraga dengan Pola Makan yang Buruk

Pola makan yang buruk tidak akan bisa membantu mengimbangi aktivitas fisik Anda untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Baca Juga

Terdapat dampak buruk untuk pola makan yang buruk bersamaan dengan olahraga. Kalori yang dibakar saat olahraga akan sangat sedikit dibandingkan kalori yang dikonsumsi dari makanan yang buruk.

Jadi, ketika Anda mulai rutin berolahraga, pastikan untuk mengonsumsi asupan makanan terbaik serta hindari lemak jenuh dan gula.

Ikuti Terus Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Komunitas SehatOlahragaTips BugarTips dan Trik

Berita Terkini