x

Selesai Lebih Cepat, Penutupan Peparnas XVI Papua Tetap Dihadiri Presiden

Rabu, 10 November 2021 18:15 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto

INDOSPORT.COM – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali, memastikan kehadiran Presiden Joko Widodo dalam penutupan Peparnas XVI Papua.

Sebagai informasi, pelaksanaan Pekan Paralimpik Nasional (PEPARNAS) XVI Papua sejatinya adalah tanggal 2-15 November 2021.

Namun berdasarkan kesepakatan, pelaksanaan Peparnas XVI Papua bisa diselesaikan lebih cepat dua hari menjadi tanggal 13 November 2021.

Terkait hal itu, pada acara penutupan Peparnas di Stadion Mandala Jayapura pada Sabtu mendatang, terkonfirmasi akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Konfirmasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) yaitu Zainudin Amali.

"Bapak Presiden Joko Widodo akan hadir langsung menutup Peparnas," kata Zainudin Amali melansir laman Kemenpora Republik Indonesia. 

Baca Juga
Baca Juga

Lebih lanjut, Zainudin Amali menjelaskan bahwa agenda Presiden Joko Widodo lainnya adalah meninjau langsung pertandingan salah satu cabang olahraga sekaligus mengalungkan medali kepada para atlet.

"Ini juga rencananya beliau akan mengunjungi salah satu venue yang sedang melaksanakan pertandingan di Peparnas dan nanti panitia menyiapkannya, “ sambung Zainudin Amali. 

Kehadiran Joko Widodo di acara penutupan Peparnas XVI Papua memang sempat dipertanyakan publik. Hal itu karena Presiden tak hadir pada saat pembukaan pada Jumat (05/11/21), dan diwakilkan oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Baca Juga
Baca Juga

Absennya Presiden Joko Widodo saat itu, dikatakan Zainudin Amali tak lain karena presiden harus menjalani karantina usai kunjungan kerja di luar negeri.

"Pak Presiden pada saat pembukaan beliau setelah kunjungan ke luar negeri dan harus karantina. Seandainya beliau tidak harus karantina, beliau mungkin yang membuka," katanya. 


1. Peparnas XVI Papua 2021 Berlangsung Lancar

Peparnas XVI 2021 Papua berjalan lancar

Meski ditemui beberapa kekurangan, Zainudin Amali juga menilai bahwa pelaksanaan Peparnas XVI Papua 2021 berjalan lancar hingga hari keempat penyelenggaraan.

Zainudin Amali yakin bahwa seluruh pertandingan dari semua cabang olahraga di Peparnas XVI Papua akan berjalan lancar dan aman hingga acara penutupan oleh Presiden Joko Widodo nantinya.

“Sampai hari ini saya kira penyelenggaraan masih berjalan dengan lancar dan prestasi. Saya kira ini satu hal yang menggembirakan buat kita semua.” ujar Menpora Zainudin Amali. 

Joko WidodoMulti-EventZainudin AmaliPekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI/2021 Papua

Berita Terkini