x

Pulang SEA Games, Eks Staf Timnas Indonesia Jadi Pahlawan Usai Selamatkan Nyawa Penumpang Pesawat

Rabu, 25 Mei 2022 10:06 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Subhan Wirawan
Eks fisioterapis timnas Indonesia, Matias Ibo, baru-baru ini membuat kisah mengharukan dengan menyelamatkan penumpang yang kejang-kejang di pesawat

INDOSPORT.COM – Eks fisioterapis timnas Indonesia, Matias Ibo, baru-baru ini membuat kisah mengharukan dengan menyelamatkan penumpang yang kejang-kejang di pesawat selepas gelaran SEA Games 2021.

Kisah ini baru saja dibagikan oleh Matias Ibo, yang juga turut bertugas mendampingi kontingen Indonesia di SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam dalam akun Instagram pribadinya @matiasibo.

Baca Juga

Matias Ibo sendiri merupakan fisioterapis pertama yang menangani timnas sepakbola Indonesia dalam beberapa periode kepelatihan.

Kejadian ini terjadi dalam sebuah penerbangan pesawat Singapore Airlines berkode SQ191 beberapa waktu silam, ketika Matias Ibo tengah melakukan perjalanan dari Singapura ke Jakarta.

Dalam keterangan di akun Instagramnya, Matias Ibo menyebutkan bahwa ada seorang penumpang yang mengalami kejang hingga tak sadarkan diri dan tak bisa merespons rangsangan.

Baca Juga

“Cerita flight SQ191 dalam ketinggian 40.000 kaki. Dalam perjalanan pulang menuju Jakarta dari Singapore di dalam pesawat setelah duduk dengan tenang,” tulis eks fisioterapis timnas Indonesia ini.

“Sudah siap pesan white wine, tiba-tiba kami di pesawat dikejutkan dengan permintaan medis. Ada seorang penumpang yang terkena seizure (kejang), tidak sadarkan diri dan tidak responsive,” imbuh Matias Ibo.

Melihat kondisi tersebut, dalam keterangan di akun Instagramnya, Matias Ibo dan beberapa rekan dokter segera menuju ke kursi penumpang tersebut yang ternyata cukup dekat dari kursi yang ditumpanginya.

Baca Juga

Melihat kondisi tersebut, Matias Ibo kemudian bercerita bagaimana dirinya dan rekan-rekan dokter kontingen Indonesia memberikan pertolongan pertama.

First aid pun diterapkan, dengan membebaskan aliran nafas (lidah tertelan). Memposisikan beliau berbaring di kondisi yang nyaman buat pernafasan dalam situasi ini baring melintang nyamping di kursi penumpang yang 3 baris,” tulis Matias Ibo.


1. Lakukan Pertolongan Pertama

Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

“masalah kaki nyaman atau tidak itu perkara lain, yang penting beliau bisa bernafas dengan baik. Di posisi ini, dokter Sophie duduk di lantai di antara kursi pesawat. Kebayang ngga nyamannya, tetapi demi hidup si bapak dilakukan.”

“Citra berdiri di bagian perut dan kaki setengah membungkuk dengan badan kelipet karena ruangan kecil melakukan kontrol tensi secara terus menerus. Itu tensi dan detak jantung tingginya nggak masuk akal,” imbuh Matias Ibo.

Baca Juga

Matias Ibo pun menerangkan jika apa yang dia alami nyaris mirip dengan adegan di film, yang bedanya tengah dialami secara nyata.

Langkah berikutnya yang dilakukan oleh pria blasteran Indonesia-Swiss ini adalah melakukan cek nadi dan tekanan darah dengan alat yang disediakan.

“Cek nadi dan tekanan darah dengan alat yang disediakan oleh maskapai. Harus secara berkala tiap 2-4 menit dilakukan. Dicek secara manual dengan jari dan kalau ada alat, kita gunakan,” tulis Matias Ibo.

Baca Juga

“Memasang tabung oksigen yang disediakan pesawat untuk bantu pernafasan. Terus berbicara apapun juga ke si bapak sampai dia respon,” imbuh Matias Ibo.


2. Selamatkan Penumpang Pesawat

Tim basket putra Indonesia mencetak sejarah dengan menumbangkan Filipina dan merebut emas SEA Games pertama sejak 1977 di SEA Games 2021 Vietnam yang digelar di Thanh Tri Sport Information and Culutural Center Gymnasium, Minggu (22/5).

Matias Ibo mengungkapkan jika sang penumpang akhirnya selamat ketika mampu membuka mata dan berbicara satu dua kata kepada tim medis kontingen Indonesia di SEA Games 2021.

Dari kisah ini, Matias Ibo kemudian memberikan wejangan soal pentingnya belajar pertolongan pertama yang nantinya bisa berguna untuk keselamatan banyak orang.

Baca Selengkapnya: 5 Evaluasi Timnas Indonesia: Akmal Marhali Kritik Pedas Shin Tae-yong dan PSSI

Timnas IndonesiaSEA Games 2021

Berita Terkini