x

Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang saat Berenang di Swiss, Begini Kronologinya

Jumat, 27 Mei 2022 10:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat memantau swab tes tim Persib di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03/07/20).

INDOSPORT.COM - Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz dikabarkan hilang saat berenang di sungai Aare, Swiss, Kamis (27/05/22). Ini kronologis lengkapnya.

Putra Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yakni Emmeril Khan Mumtadz, dikabarkan hanyut terbawa arus sungai di Swiss dan hilang, Kamis (27/05/22) waktu setempat.

Baca Juga

Hingga kini, polisi dan petugas SAR setempat masih melakukan pencarian terhadap Eril. Kerabat Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman, menceritakan kronologinya.

"Eril berenang di sungai Aare, Bern saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras," terang Elpi.

"Kejadian tersebut terjadi pada tanggal 26 Mei 2022 siang hari waktu Swiss dengan kondisi cuaca cerah," lanjutnya.

Baca Juga

Elpi mengatakan, keluarga saat itu sedang berada di Swiss untuk mencari kampus baru untuk Eril yang akan melanjutkan ke jenjang S2.

Sementara itu, Ridwan Kamil sendiri tengah berada di Inggris karena urusan pekerjaan.

"Saat kejadian, Pak Ridwan Kamil sedang di Inggris dalam kegiatan pemerintahan di luar negeri bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat," katanya.

Baca Juga

Kata Elpi, Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan dilanjutkan esok hari

"Hingga informasi ini disampaikan, pencarian sudah berjalan enam jam (Kamis, 26 Mei, pukul 23.00 WIB)," terang Elpi.

"Dan kami berharap Eril dapat ditemukan segera dalam keadaan sehat," katanya.


1. Duka Ridwan Kamil, Duka Persib

Atalia Praratya kerap menemani Ridwan Kamil saat mendukung Persib Bandung.

Masih menurut Elpi, Ridwan Kamil langsung menyusul ke Swiss setelah menerima kabar musibah tersebut, dan saat ini Gubernur Jawa Barat itu telah bertemu keluarganya.

"Kami mohon doa agar Eril dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat," ujar Elpi.

Baca Juga

Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad, mengatakan saat ini tim SAR dan pihak berwenang Swiss tengah berupaya untuk melakukan pencarian Emmeril Khan.

"Benar, saat ini sedang dalam pencarian oleh pihak Kepolisian dan SAR setempat. Mohon doanya," ujar Muliaman via CNN.

Baca Juga

Muliaman menuturkan istri Ridwan Kamil, Atalia Praratya, ikut berenang saat insiden itu terjadi. Namun Atalia dan rombongan selamat, sedangkan Eril terbawa arus.

Ridwan Kamil sendiri merupakan sosok gubernur yang menjadi panutan, sebab kedekatannya dengan masyarakat. Ia juga sangat dekat dengan klub Persib Bandung.

Pada situasi pandemi pun, Ridwan Kamil sangat memprioritaskan Persib Bandung.

Baca Juga

"Saya titip ke tim Persib untuk menjaga protokol kesehatan juga selama proses latihan, cuci tangan. Setelah main pakai masker, jaga jarak juga," kata Kang Emil.

"Kemudian, hati-hati memegang benda selama latihan di stadion, sambil nanti proses menuju liga," pesan Ridwan.


2. Ridwan Kamil dan Persib Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kiri) dan Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar (kanan) seusai memantau swab tes yang dijalani tim Persib, Jumat (03/07/2020).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, juga sering memotivasi Persib Bandung, dan sangat mendukung agar tim asal Bumi Pasundan itu bisa menjadi juara Liga 1.

Ridwan Kamil optimistis karena Jawa Barat memiliki beberapa stadion yang fasilitasnya sangat menunjang untuk menggelar liga, di antaranya adalah Stadion Si Jalak Harupat.

Kemudian, ada Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Wibawa Mukti (Bekasi), dan Stadion Patriot Candrabhaga (Bekasi).

SwissPersib BandungRidwan Kamil

Berita Terkini