Liga 1 Indonesia

Jaga Perbatasan, Polda Jabar Sumbat Jakmania Masuk Bandung

Sabtu, 22 Juli 2017 15:22 WIB
Editor: Rizky Pratama Putra
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jakmania sudah diimbau untuk tidak datang ke Bandung. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jakmania sudah diimbau untuk tidak datang ke Bandung.

Perhatian publik jelang laga Persib Bandung melawan Persija Jakarta diyakini bakal tersita pada soal rivalitas para pendukungnya. Bobotoh dan Jakmania menjadi dua kelompok pendukung setia yang kerap berseteru sengit dalam dekade belakangan.

Pada edisi perdana Gojek Traveloka Liga 1 musim ini, duel sengit ini bakal berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (22/07/17). Pihak keamanan pun sudah menyiapkan sejumlah pengawalan jelang laga sengit ini berlangsung.

© Beny Raharjo/INDOSPORT
Pengawalan  ketat pihak kepolisian  saat tim Persib Bandung meninggalkan  Stadion Manahan. Copyright: Beny Raharjo/INDOSPORTPengawalan ketat pihak kepolisian saat tim Persib Bandung bersua Persija Jakarta di ajang TSC 2016 silam.

Pasalnya, Polda Jabar selaku penanggung jawab keamanan pada laga ini sudah mengimbau Jakmania untuk tidak datang ke Bandung. Guna menanggulangi hal ini, Polda Jabar pun menegaskan bakal melakukan pengamanan di kantong-kantong Jakmania yang berada di wilayah Jawa Barat.

"Di beberapa kabupaten/kota di Jabar itu kan ada Jakmania. Di Bogor, Bekasi, Depok, Karawang itu ada kantong-kantong Jakmania. Kemarin sudah dikoordinasikan bersama, kapolres-kapolres juga ada. Jadi, sudah diinsturksikan kepada Kapolres-Kapolres untuk segera dilakukan penghalangan terhadap Jakmania di masing-masing wilayahnya," ujar Kombes Yusri Yunus selaku Kabid Humas Polda Jabar, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat.

Baca Juga:

Yusri juga mengatakan akan ada penghadangan bagi para Jakmania yang nekat berangkat. Hal ini guna mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk, seperti bentrokan ataupun kerawanan keamanan lain.

"Kalau memang toh masih ada Jakmania yang mau berangkat, adakan penyekatannya supaya tidak ke Bandung," katanya.

© INTERNET
The Jakmania Copyright: INTERNETAparat kepolisian bakal melakukan penyumbatan kepada Jakmania yang nekat berangkat ke Bandung.

Polda Jabar sendiri mengatakan akan ada 3 ribu personel yang akan bersiaga untuk mengamankan laga ini. Mereka akan disebar dalam empat ring, yaitu di dalam stadion, di pintu masuk stadion, di sekitar area parkir, dan di jalur-jalur masuk ke Stadion GBLA.