x

Mengenang Brian Clough

Sabtu, 20 September 2014 23:30 WIB
Editor: Raditya Adi Nugraha

Brian Howard Clough adalah pelatih legendaris dan akan sangat menyakitkan jika membandingkan pria yang wafat di usia 69 tahun ini dengan Jose Mourinho.

Sebabnya Clough sebagai The Special One adalah karena dia tak perlu menangani tim yang sudah mapan untuk menjadi juara.

Clough membawa Derby County yang saat itu hanyalah tim dari tingkat kabupaten berhasil naik kasta dan menyelak dominasi Liverpool di ajang divisi elit  liga Inggris.

Clough pertama kali mengecap manisnya juara di usia 33 tahun. Sementara Jose Mourinho baru bisa mengangkat trofi di usia ke-39 saat Porto menjadi kampiun liga Portugal.

Namun prestasi tertinggi Bria Clough adalah saat membawa Nottingham Forest bersama Peter Taylor menjadi kampiun Liga Champions dua tahun berturut-turut di tahun 1978 dan 1979.

Dalam urusan kontroversi, lagi-lagi Brian Clough yang wafat di tanggal 20 September 2004, menjadi yang teratas dalam daftar pelatih bermulut tajam.

Baru-baru ini Jose Mourinho meledek rival abadinya, Pep Guardiola dengan mengatakan: “ketika Anda menikmati apa yang Anda lakukan, Anda tidak kehilangan rambut Anda. Kita tahu bahwa Guardiola botak. Berarti dia tidak menikmati sepakbola.”

Kepandaian pria Portugal ini meniru gesture pelatih lain, membuat Mourinho memiliki banyak musuh.

Tapi jika dibandingkan dengan ulah Brian Clough, aksi Mourinho akan terlihat seperti kenakalan anak STM untuk merujuk Clough sebagai lakon film Dirty Harry.

Pada masanya, Clough adalah seorang suhu untuk urusan bersilat lidah. Korban ledekannya dari mulai manajer legendaris Liverpool, Bill Shankly, Sir Matt Busby, Sir Alex Ferguson hingga David Beckham adalah sederet pesepakbola yang kupingnya pernah memerah atas perkataan Clough.

Pelatih yang pernah membesut Leeds United selama 44 hari ini pernah memberikan "saran" untuk David Beckham.

"Dia seharusnya memberi Posh (Victoria Beckham) arahan yang tepat untuk menemukan pelatih vokal karena kemampuan dia bernyanyi sama payahnya dengan sang suami (David Beckham) bermain sepakbola," kata Clough.   

Tak hanya berkata-kata, Clough juga seorang yang mempraktekan ucapannya dalam artian harfiah. Sikap Emosional Roy Keane mungkin saja berasal dari hasil didikan keras Clough di Nottingham Forest.

Keane yang kini menjadi asisten pelatih Aston Villa pernah mengatakan bahwa Clough pernah menghajarnya karena melakukan kesalahan pada pertandingan melawan Crystal Palace di tahun 1991.

"Saya hanya pernah memukul Roy sekali. Dia langsung bangun, jadi saya mungkin tidak terlalu keras memukulnya," ujar Clough.

Lain Keane lain pula perlakuan Clough terhadap Nigel Jemson saat striker muda Forest itu melakukan aksi individual menawan di sebuah laga tim cadangan.

"Apakah kamu pernah dipukul di perut?" tanya sang manajer. Tidak, jawab Jemson. Clough pun melayangkan pukulan, "Sekarang kamu sudah mengalaminya, nak.Jangan lakukan lagi trik seperti itu ketika orangtuamu menyaksikan di tribun penonton," ucap Clough.

Tepat di hari ini adalah satu dekade kematian Brian Clough. Jose Mourinho belum pernah dibuatkan patung, Brian Clough memiliki dua patung dirinya yaitu di Middlesbrough dan di Nottingham.

Liga Inggris saat ini membutuhkan sosok jenius dengan pikiran, prestasi dan ucapan yang tajam karena jujur saja, Jose Mourinho membutuhkan lawan yang seimbang.  

Premier LeagueJose MourinhoLiga Champions

Berita Terkini