x

5 Pemain Chelsea yang Masih Bisa Direbut Jose Mourinho

Jumat, 11 Agustus 2017 06:29 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Chelsea, Antonio Conte, Jose Mourinho.

Dalam skuat Manchester United di musim 2017/18 ini, sudah ada tiga pemain mereka yang pernah mengenakan seragam Chelsea.

Mereka adalah Juan Mata, lalu Romelu Lukaku, dan yang terbaru adalah Nemanja Matic. Untuk nama yang terakhir disebutkan, kehadirannya dalam skuat The Red Devils tak lepas dari bujukan pelatih mereka, Jose Mourinho.

Baca Juga

Ya, salah satu alasan Matic mau meninggalkan Manchester United adalah karena dirinya ingin kembali bekerja sama di bawah arahan arsitek asal Portugal tersebut.

Nemanja Matic memilih hengkang ke Manchester United karena faktor Jose Mourinho.

Matic diboyong oleh Man United dengan mahar senilai 40 juta poundsterling atau lebih dari Rp694 miliar dan diikat kontrak selama lima tahun ke depan.

Jika melihat situasi ini, rasanya bukan hal yang mustahil, andai Mourinho kembali membujuk para pemain Chelsea untuk dapat kembali bekerja sama dengannya di Man United.

Apalagi jendela transfer musim panas ini masih dibuka dan segalanya pun masih dapat terjadi dalam dunia sepakbola, apalagi jika uang sudah berbicara.

Lalu, siapa sajakah pemain tersebut? Berikut ini adalah lima pemain Chelsea yang bisa direkrut oleh Jose Mourinho ke Man United versi INDOSPORT:


1. Eden Hazard

Pemain megabintang Chelsea, Eden Hazard.

Sejauh ini, Eden Hazard memang mengaku masih betah dan bahagia berada di Chelsea. Apalagi, ia selalu menjadi pilihan utama (kecuali baru sembuh atau dalam kondisi kurang fit) dalam skuat The Blues saat sedang bertanding sejak didatangkan dari Lille pada tahun 2012 lalu.

Saat masih melatih Chelsea di musim 2013/14 hingga pertengahan musim 2015/16 kemarin, Mourinho sering menjadikan Hazard motor serangan timnya.

Bahkan, meski dalam kondisi kurang fit, pemain asal Belgia ini kerap dipaksakan bermain oleh Mourinho demi membawa kemenangan.

Bukan tidak mungkin jika pelatih berkebangsaan Portugal ini akan berusaha untuk membujuk Hazard agar mau bergabung ke Old Trafford.

Jika melihat kualitas yang dimiliki oleh Hazard, besar kemungkinan andai ia ke Manchester United, maka dirinya akan dipercaya untuk menggunakan nomor punggung 7.

Sebuah nomor yang dianggap keramat, namun juga spesial dalam sepanjang sejarah klub Manchester United.


2. Willian

Salah satu pemain bintang Chelsea, Willian.

Sebelum mendatangkan Nemanja Matic, nama gelandang serang Chelsea, Willian lebih dulu disebut-sebut ingin didatangkan oleh Jose Mourinho.

Sama halnya dengan Eden Hazard, Mourinho juga sangat mengandalkan Willian dalam formasi yang ia canangkan.

Tidak hanya itu, gaya bermain dari pemain berdarah Brasil ini juga sangat disukai oleh Mourinho. Tidak heran, jika Willian didatangkan Mourinho pada awal kedatangannya di Chelsea dalam periode keduanya tersebut.

Willian juga sebelumnya telah menolak tawaran dari Mourinho. Namun, dengan adanya tiga mantan pemain Chelsea yang kini berada di United, bukan tidak mungkin jika Willian dapat dibujuk untuk mau bergabung ke Old Trafford.


3. Thibaut Courtois

Kiper utama Chelsea, Thibaut Courtois.

Kemungkinan besar, Jose Mourinho akan berusaha mendatangkan Thibaut Courtois ke Manchester United, jika kiper utama tim besutannya saat ini, David De Gea hengkang ke Real Madrid.

Sekadar informasi, karena faktor Jose Mourinho lah, kiper asal Belgia ini langsung menggeser posisi mantan kiper utama Chelsea, Petr Cech di musim 2014/15 lalu.

Ya, kala itu Courtois yang telah dipinjamkan Chelsea selama tiga musim (2011/12, 2012/13, 2013/14) ke Atletico Madrid, ditarik kembali oleh Jose Mourinho.

Sejatinya, Atletico ingin kembali meminjam Courtois, bahkan ingin mempermanenkannya. Namun, karena Mourinho bersikeras ingin memulangkannya, maka sang pemain pun berhasil kembali ke Stamford Bridge di musim 2014/15.

Mourinho pun menepati janjinya, yaitu memberikan tempat utama kepada Courtois. Padahal, sebelum kedatangannya, Cech selalu menempati posisi utama kiper Chelsea selama 10 tahun.

Seandainya kiper utama Man United saat ini, De Gea hengkang ke Real Madrid, Mourinho pastinya bisa menjadikan Courtois sebagai incaran utamanya.


4. Cesc Fabregas

Gelandang Chelsea, Cesc Fabregas.

Hadirnya Cesc Fabregas dari Barcelona ke Chelsea pada musim 2014/15 juga tak lepas dari faktor Jose Mourinho yang membutuhkan jasanya.

Kala itu, Mourinho mendatangkan Fabregas untuk menggantikan peranan dari legenda Chelsea, Frank Lampard yang memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya di musim tersebut.

Saat pertama kali didatangkan, playmaker asal Spanyol ini juga langsung menempati posisi utama. Gaya bermainnya pun juga sangat disukai oleh Mourinho.

Pada musim 2016/17 kemarin, Chelsea di bawah arahan pelatih baru, Antonio Conte membuat Cesc Fabregas kehilangan tempat utamanya.

Meski kerap dimainkan dari bangku cadangan dan jarang dijadikan sebagai pemain inti, Fabregas tentu lebih memilih untuk mendapatkan klub yang bisa memberikannya tempat utama.

Tak ayal, Cesc Fabregas juga pernah masuk dalam buruan Juventus dan AC Milan yang menjanjikan posisi inti bagi pemain yang pernah perkuat Arsenal tersebut.

Jika Mourinho ingin membujuk Fabregas untuk masuk dalam skuatnya di Man United, mungkin suatu hal yang sulit untuk ditolak oleh sang pemain.


5. Kurt Zouma

Kurt Zouma, bek tengah Chelsea yang saat ini dipinjamkan ke Stoke City.

Kurt Zouma saat ini sedang dipinjamkan Chelsea ke Stoke City. Meski peluang Jose Mourinho untuk mendatangkan Zouma di musim panas ini sudah tertutup, tetapi tentunya tidak di musim depan.

Manchester United memang tengah membutuhkan sosok bek tengah yang tangguh, kuat memegang bola, serta mampu memenangkan duel udara.

Gaya bermain ini semuanya dimiliki oleh Kurt Zouma, tidak heran jika Mourinho merekrutnya saat masih melatih Chelsea di musim 2013/14 lalu pada jendela transfer musim dingin.

Ya, kala itu Mourinho mendatangkan Zouma ke Chelsea dari Saint-Etienne pada bulan Januari 2014. Menariknya, bek tengah asal Prancis ini langsung menggusur bek tengah dan juga kapten Chelsea di musim tersebut, John Terry.

Pada musim tersebut, performa Terry memang sudah mulai menurun akibat termakan usia, serta rentan cedera. Tidak heran, jika Mourinho mendatangkannya untuk menemani Gary Cahill di sektor belakang.

Tentunya skenario yang sama akan kembali dilakukan oleh Mourinho kepada Kurt Zouma di musim depan. Bukan tidak mungkin, jika ia akan mencoba untuk membujuk Zouma bergabung ke Old Trafford dan kembali memberikannya tempat utama.

Bursa TransferManchester UnitedChelseaFrank LampardJose MourinhoJuan MataRomelu LukakuJohn TerryNemanja MaticLiga Inggris

Berita Terkini