x

Selain De Gea, Ini Deretan Kiper Hebat yang Pernah Bela Man United

Minggu, 3 Desember 2017 12:28 WIB
Penulis: Prio Hari Kristanto | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
David De Gea.

David De Gea berhasil mencuri perhatian dengan aksinya yang menawan kala mengamankan gawang Manchester United dari gempuran para penggawa Arsenal pada pekan ke-15 Liga Primer Inggris, Minggu (03/12/17) dini hari tadi. Aksi De Gea ini membantu MU membuat publik Emirates Stadium terdiam. Sebab, mereka berhasil menaklukkan Arsenal dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan tersebut, David De Gea keluar sebagai yang terbaik dengan menjadi Man of The Match pertandingan. Kiper Timnas Spanyol itu tercatat telah melakukan 14 kali penyelamatan, dari 15 tendangan on target yang dilakukan oleh Arsenal.

Baca Juga

Hal tersebut membuat kiper berusia 27 tahun itu menjadi salah satu kiper yang melakukan banyak penyelamatan di Liga Primer Inggris dalam satu pertandingan. Mantan kiper Atletico Madrid ini bergabung dengan Tim Kril dan Vito Mannone, yang juga pernah mencatatkan hal yang serupa.

Berikut Deretan Aksi Penyelamatan Krusial De Gea vs Arsenal

Penampilan kiper berusia 27 tahun tersebut pun mengingatkan publik sepakbola dengan sejumlah kiper-kiper legendaris yang pernah membela MU sebelumnya. Tak hanya membawa prestasi, mereka juga menjadi legenda serta icon club. Siapa saja mereka? 

Berikut telah INDOSPORT rangkum 5 kiper terbaik yang pernah dimiliki Manchester United.


1. Alex Stepney

Alex Stepney.

Alex Stepney bergabung dengan Manchester United dari Chelsea dengan nilai transfer 55 ribu poundsterling yang memecahkan rekor kala itu. Alex Stepney memegang rekor sebagai kiper MU dengan penampilan terbanyak sampai saat ini dengan total 539 penampilan. 

Alex Stepney sukses membawa MU ke masa keemasannya di era 60an (khususnya di akhir tahun 60an) karena berhasil membawa klub menjadi juara Liga di tahun 1967. Semusim kemudian, dengan Stepey sebagai kiper, MU berhasil memenangkan gelar Piala Champions pertama mereka di tahun 1968 setelah berhasil mengalahkan Benfica di final. 

Di laga final Piala Champions tersebut dikenang aksi heroik Stepney yang berhasil melakukan penyelamatam gemilang dari serangan penyerang legendaris Benfica, Eusebio, di momen krusial pertandingan. 

Ia masih bertahan di MU sampai tahun 1978 dan sempat mempersembahkan juara Piala FA musim 1976–77. 

Baca Juga

2. Gary Bailey

Gary Bailey.

Gary Bailey merupakan kiper terbaik yang pernah dimiliki MU di dekade 80an. Ia adalah suksesor dari Alex Stepney. Ia merupakan sosok fenomenal penuh talenta yang berhasil membawa MU ke masa-masa yang bisa dibilang lumayan sukes untuk MU kala itu. Bersama Bailey, MU relatif sukses dengan menggondol 2 Piala FA di tahun 1983 dan 1985 serta FA Charity Shield: 1983. 

Total, Bailey membela MU sebanyak 294 laga dari tahun 1978 sampai 1987. Ia juga sempat dipanggil Timnas Inggris.

Baca Juga

3. Fabian Barthez

Fabian Barthez.

Fabian Barthez mencuri perhatian ketika tampil gemilang di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000 ketika timnas negaranya, Prancis, dibawa sebagai juara beruntun. MU pun salah satu yang tertarik untuk merekrutnya dari AS Monaco. Akhirnya, skuat Sir Alex Ferguson berhasil mendapatkannya dengan biaya 7, 8 juta poundsterling di tahun 2000. 

Barthez memang kiper hebat. Namun yang membuat pelatih dan fans MU terkadang khawatir adalah akan sikap eksentriknya di lapangan, Ia adalah kiper tipe flamboyan yang terkadang suka bermain-main dengan bola di kotak penalti dan melakukan hal-hal yang dianggap bisa membahayakan gawang seperti terlalu lama mendribel, maju, mundur, dan sebagainya. 

Ia membela MU selama 4 musim dari tahun 2000 hingga 2004 dengan prestasi membawa MU menjuarai Premier League 2 kali di musim 2000-2001 dan 2002-2004. 

Baca Juga

4. Peter Schmeichel

Peter Schmeichel mantan pemain sepakbola, sebagai penjaga gawang saat berseragam Man United.

Schmeichel bisa jadi adalah kiper yang paling dikenang dan dirindukan oleh para fans MU. Ia adalah sosok kunci yang berhasil membawa MU sebagai tim tersukses di Inggris selama dekade 90-an. 

Performanya yang paling dikenang adalah ketika berhasil membawa MU merengkuh treble winner di tahun 1999 ketika berhasil menjuarai Premier League, Piala FA, dan Liga Champions. Aksinya di final Piala FA 1999 ketika memblok penalti Dennis Bergkamp sangat dikenang karena aksi penyelamatan itu membawa pertandingan ke babak extra time. 

Ia memegang rekor clean sheets di MU sampai saat ini dengan presentasi 42 persen, Itu artinya, ketika dibela Schmeichel, MU tidak kebobolan di 42 persen pertandingannya. 

Ia membela MU dari tahun 1991 sampai 1999 dengan mendapat 5 gelar Liga Premier Inggris, 3 Piala FA, dan 1 Liga Champions.

Sayang, ia sempat bermain di Manchester City pada musim 2002-2003. Manchester City adalah lawan sekota dari MU. 

Baca Juga

5. Edwin van der Sar

Edwin van der Sar.

Pasca Tim Howard hengkang, MU kesulitan menemukan kiper yang benar-benar apik yang bisa menyamai performa Scmeichel di masa lalu. Akhirnya secara mengejutkan MU merekrut kiper gaek asal Belanda, Edwin Van Der Sar. 

Bnayak pihak yang terkejut dan tak setuju dengan keputusan ini karena biar bagaimana pun ketika itu Van Der Sar sudah berusia 35 tahun. Apalagi ia sudah sempat "turun kasta' dengan bermain untuk klub kecil, Fulham. Padahal dia dulu adalah kiper andalan Ajax dan Juventus. 

Namun, segala keraguan itu ternyata terbukti salah. Bersama MU, Van Der Sar berhasil membawa Paul Scholes dkk. merengkuh gelar Liga Champions ke-3 mereka sepanjang sejarah di tahun 2008 dan tahun-tahun gemilang setelahnya. Mungkin penampilannya yang paling berkesan adalah ketika ia melakukan penyelamatan saat adu penalti di partai puncak Liga Champions 2008 dengan menahan tendangan penalti Nicholas Anelka.

Sampai saat ini ia adalah kiper MU yang memegang rekor sebagai kiper dengan jumlah clean sheets secara beruntun terbanyak, yaitu 11 pertandingan. Van Der Sar membela MU selama 2005 hingga 2011 dengan memenangkan 4 gelar Liga Premier, 1 Liga Champions, 1 Piala Dunia Antarklub, dan 2 Piala Liga. 

Baca Juga
Manchester UnitedDavid de GeaPeter SchmeichelLiga Primer InggrisEdwin Van der sarFabian BarthezLiga Inggris

Berita Terkini