x

Pelatih Barito Sebut Tak Ada Pemain yang Dominan di Madura United

Senin, 26 Maret 2018 12:09 WIB
Kontributor: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Jacksen F Thiago

Ujian nyata bakal segera dihadapi Barito Putera di Liga 1 musim ini. Mengawali langkah di kompetisi, tim berjulukan Laskar Antasari itu sudah harus melawat ke markas Madura United, malam nanti.

Baca Juga

1. Tak Fokus Pada Satu Pemain

Jacksen F Tiago

Jacksen F. Tiago pun menepis anggapan jika tim asuhannya hanya fokus pada pemain tertentu. Baginya, kekuatan sebuah tim saat ini ditentukan pada satu unit di dalam lapangan hijau.

"Sepakbola sudah jauh berubah. Kalau dulu, mungkin ada satu dua pemain yang bisa membawa tempat yang besar di sebuah pertandingan," beber Pelatih Barito Putera tersebut.

"Tapi sekarang sepakbola adalah sebuah sistem. Jadi kita harus mewaspadai semua pemain dalam sistem itu yang bisa membahayakan gawang tim kami," pelatih kebangsaan Brasil itu menambahkan.

Ia lantas mencontohkan, bagaimana Mitra Kukar bisa mengejar ketertinggalan dua gol dari Arema FC pada laga di Sabtu lalu. Menurutnya, itu bukan hanya andil seorang pemain, namun usaha seluruh komponen tim dalam mewujudkan sikap optimisme.

"Hasil ditentukan oleh perubahan-perubahan (strategi) yang terjadi ketika pertandingan. Jadi, bukan karena 11 pemain awal yang ada di lapangan," ungkapnya.


2. Waspada Kekuatan Madura United

Suasana latihan Barito Putera.

Dan berbicara Madura United, Jacksen dengan tegas mengutarakan sebuah potensi besar yang bisa diciptakan mereka. Dengan materi pemain mumpuni musim ini, bukan tidak mungkin MU menjadi tim yang produktif dengan berbagai cara.

"Madura United bisa saja mencetak gol dari situasi bola jalan atau bola mati. Jadi, kami akan fokus pada 11 pemain lawan di lapangan bukan satu dua pemain saja," pungkas eks pembesut Persebaya Surabaya itu.


3. Madura Tak Mau Remehkan Barito

Milomir Selsija, pelatih anyar Madura United.

Sementara itu, dari pihak Madura, pelatih anyar mereka Milomir Selsija mengaku tak menyepelekan kekuatan Barito Putera. Menurutnya, dengan sentuhan tangan dingin Jacksen F. Tiago, Barito bisa merepotkan. MU sendiri saat ini masih unggul dalam head to head musim lalu, ketika mampu menahan imbang 2-2 di Banjarmasin, kemudian menang 3-1 di Madura.

"Barito merupakan tim yang bagus, dengan pemain yang kualitas. Tidak ada pemain yang spesial, tapi tim mereka spesial," imbuh juru taktik Madura United tersebut.

Barito PuteraJacksen F. TiagoMadura United FCLiga Indonesia

Berita Terkini