x

Video Nyanyian Rasis Oknum Pemain ke Bobotoh Viral, Pelatih Persija Angkat Bicara

Rabu, 28 Maret 2018 19:16 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung

Persija Jakarta secara resmi telah menyampaikan permohonan maaf kepada penggemar Persib Bandung, Viking setelah sebelumnya ada video tak pantas yang diucapkan oleh oknum di mess klub.

Macan Kemayoran merilis sebuah video permintaan maaf dari seluruh pemain sebagai bentuk tanggung jawab moral.


1. Sudah Minta Maaf

Skuat Persija Jakarta meminta maaf.

Dalam video tersebut, kapten tim, Ismed Sofyan dan ikon klub, Bambang Pamungkas berada di deretan paling depan.

Bersama rekan-rekannya, mereka lantas mengucapkan permohonan maaf mewakili manajemen, pelatih, pemain dan keluarga besar Persija meminta maaf karena telah menyingung hati dan perasaan suporter dan seluruh keluarga besar Persib Bandung.

"Saya Bambang Pamungkas mewakili keluarga besar Persija memohon maaf karena telah menyinggung hati, perasaan dari seluruh suporter dan seluruh keluarga Persib Bandung."

"Apa yang terjadi di dalam video bukanlah kesengajaan namun demikian tidak juga dapat dikatakan benar," ujar Ismed dan Bepe seperti rilis dalam rilis Persija.

"Oleh karena itu dengan hati yang tulus kami memohon maaf yang sebesar-besarnya. Semoga kejadian ini bisa menjadikan pelajara bagi kita semua," imbuhnya.


2. Tanggapan Teco

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco.

Buntut dari aksi kurang terpuji itu, pelatih Persija, Stefano Cugurra lantas memberikan peringatan keras bagi seluruh pemainnya.

Ia berharap kejadian kali ini jadi pelajaran sehingga tidak terulang. Pelatih asal Brasil ini juga menghimbau agar pemain berhati-hati dalam menggunakan media sosial.

"Tentunya kejadian ini harus diambil pelajaran agar pemain tidak boleh mengulangi lagi karena mereka adalah pemain profesional yang bersingungan dengan klub."

"Tidak hanya itu pemain juga harus berhati-hati dalam menggunakan media sosial," ucap Teco, sapaan Stefano Cugurra.


3. Disayangkan

Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade.

Sebelum ada video permintaan maaf resmi, manajemen Persija melalui Direktur Utama Persija Jakarta, Gede Widiade dan manajer tim, Ardhi Tjahjoko telah menyampaikan permintaan maaf.

Keduanya sangat menyesal dengan tindakan tersebut dan berjanji kejadian ini tidak akan terulang lagi.

Di sisi lain, kejadian video tak pantas itu sudah masuk ke ranah federasi sepakbola Indonesia. Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono mengatakan akan mengusut hal ini dan menyerahkannya ke Komisi Disiplin (Komdis).

Jodkri mengatakan, para pemain profesional yang juga merupakan publik figur itu seharusnya tidak mengeluarkan penyataan yang tak pantas.

"Ini harus dipantau secara bersama, kita kawal bersama, siapapun pelaku sepakbola khususnya pemain dan official. Ini menjadi hal yang patut untuk ditindaklanjuti oleh Komisi Disiplin karena kita sekarang di dunia yang tidak tertutup," ujarnya.

"Ini kasus yang serius, ini menjadi telaah di PSSI, khususnya di LIB untuk memonitor semua aktivitas pelaku sepakbola. Tidak hanya di lapangan, tapi juga di media termasuk di sosial media," tutup Jokdri.

Persib BandungPersija JakartaVikingBobotohGunawan Dwi CahyoLiga IndonesiaRiko SimanjuntakStefano Cugurra Teco

Berita Terkini