x

3 Alasan Barcelona Bisa Raih Treble Musim 2017/18

Kamis, 29 Maret 2018 11:06 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Coutinho-Suarez-Messi jadi pemain yang mencetak gol ke gawang Girona dalam kemenangan 6-1 Barcelona.

Barcelona saat ini sedang nyaman di puncak klasemen sementara La Liga dengan raihan 72 poin dari 28 pertandingan.

Selain itu, Barcelona juga belum terkalahkan di La Liga hingga pekan ke-28, bermodalkan statistik gemilang tersebut nampaknya pada akhir April Blaugrana bisa segera mengamankan gelar La Liga.

Apalagi Barcelona saat ini berada di babak 8 besar Liga Champions dan difavoritkan melaju ke semifinal ketimbang lawan mereka nanti, AS Roma. Di Copa del Rey, Barcelona juga sudah memastikan satu tempat di laga final berhadapan dengan Sevilla pada 22 April mendatang.

Oleh karena itu, nampaknya cukup wajar jika menyebut Barcelona akan treble musim ini. Berikut INDOSPORT paparkan 3 alasan Barcelona bisa merengkuh tiga gelar di akhir musim ini.


1. Kebiasaan Debut Manajer Anyar

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde.

Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde bisa memenangkan La Liga, Copa del Rey dan Liga Champions di musim pertamanya ini seperti yang dilakukan dua pendahulunya Pep Guardiola dan Luis Enrique.

Valverde baru saja didapuk sebagai manajer Barcelona di akhir musim lalu, di mana saat dirinya baru menjabat, dia harus kehilangan bintangnya, Neymar yang memilih gabung ke PSG.

Baca Juga

Namun, meski ditinggalkan oleh Neymar, anak-anak asuhan Valverde terbukti semakin kompak. Dengan kedatangan Coutinho, Dembele yang mulai berkontribusi, Suarez dan Messi yang kembali tampil moncer, tentunya treble bisa menjadi target yang realistis.


2. Pertahanan Terbaik

Caption

Valverde juga terbukti mampu bahkan mahir menentukan hasil akhir untuk Barcelona. Hal itu terlihat dari solidnya pertahanan Barcelona, yang membuat mereka baru kebobolan 13 gol di La Liga sejauh musim ini.

Jika ditotal sebanyak 37 pertandingan di La Liga dan Liga Champions sejauh musim ini, Barcelona hanya dibobol sebanyak 15 gol, dengan rataan setiap 234 menit sekali.

Tempo permainan Barcelona di bawah asuhan Valverde memang tidak setinggi tempo yang diterapkan Guardiola atau Enrique. Namun, dengan sistem yang diterapkan Valverde, Anda bisa melihat sendiri seperti apa statistik Barcelona sejauh ini.


3. Lionel Messi

Lionel Messi merayakn golnya ke gawang Chelsea.

Tidak perlu diragukan lagi, jika ada satu pemain yang menjadi alasan Barcelona untuk treble adalah pemain ini, Lionel Messi. Menjadi satu-satunya tim yang mampu meraih dua treble, tentunya yang paling dikenang adalah kontribusi Messi di setiap treble yang diraih Barcelona.

Saat mencetak tiga gol ke gawang Chelsea di babak 16 besar Liga Champions kemarin, Messi resmi sudah mencetak sebanyak 100 gol di Liga Champions. Raihan itu dicapainya lebih cepat dari yang dilakukan oleh rivalnya, Cristiano Ronaldo.

Messi lebih cepat 14 penampilan dan 266 tendangan lebih sedikit untuk bisa mencetak 100 golnya di Liga Champions, jika dibandingkan dengan Ronaldo. Bahkan bintang Timnas Argentina ini sedang memimpin daftar top skorer sementara La Liga dengan catatan sebanyak 25 gol.

BarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga ChampionsCopa del ReyErnesto Valverde

Berita Terkini