x

Pengalaman 6 Bintang Muda Timnas Indonesia Ikut UN

Kamis, 12 April 2018 15:47 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Abdurrahman Ranala
Saddil Ramdani dan Egy Maulana Vikri mengikuti ujian nasional (UN).

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat digelar pada 9-12 April 2018. Seluruh siswa di Indonesia mengikuti tes tersebut dengan saksama.

Tak terkecuali atlet muda lapangan hijau yang masih sekolah. Para talenta muda ini tak meninggalkan bangku pendidikan walaupun telah menekuni pekerjaan sebagai bintang sepakbola.

Baca Juga

Walaupun sudah ada yang menjadi bintang lantaran pernah menembus Tim Nasional Indonesia, para bintang muda ini memiliki kisah tersendiri dalam mempersiapkan ujian tersebut.

Oleh karenanya INDOSPORT coba menjelaskan kepada pencinta sepakbola, kira-kira siapa saja pemain sepakbola berlabel Tim Nasional Indonesia yang menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer? Simak kisah para bintang muda ini.


1. Feby Eka Putra

Feby Eka Putra tengah menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Salah satu pemain andalan Tim Nasional Indonesia U-19 Feby Eka Putra saat ini sudah menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer. Dirinya tercatat sebagai pelajar kelas XII IPS II di SMA Taman Siswa Kota Mojokerto.

Feby pun tak sungkan untuk menceritakan pengalaman berharganya ini, dalam menjalani UNBK. Pemain Bali United ini mengaku tidak ada persiapan khusus jelang UNBK.

Persiapan yang dilakukannya hanya belajar selama seminggu penuh sebelum UNBK dimulai serentak. "Lebih dari satu pekan di Mojokerto belajar untuk ujian nasional," terang Feby.

Selain itu pemuda 19 tahun ini menjelaskan kalau UNBK tak lebih tegang kala bermain sepakbola. "Lebih tegang saat bermain bola, kalau ujian cukup tenang," beber Feby dilansir Jawa Pos.

Dukungan untuk Feby juga mengalir dari sang pelatih Widodo C. Putro. Dirinya menilai kalau pendidikan juga penting di era sepakbola modern ini. "Pendidikan sangat penting, apalagi di sepakbola era modern in IQ didalam bermain juga sangat diperlukan," terang Widodo.


2. Saddil Ramdani

Saddil Ramdani bersama teman-temannya sebelum mengikuti Ujian Nasional 2018

Pemain Tim Nasional Indonesia U-22 Saddil Ramdani juga menjalani tes tersebut. Pasalnya Saddil tercatat sebagai murid di SMA Negeri 7 Kota Malang.

Pemuda kelahiran Sulawesi Tenggara ini juga memberikan pengalamannya kala mengerjakan UNBK. Bahkan Saddil sudah mempersiapkan segalanya demi bisa mengerjakan soal-soal dengan lancar.

"Sudah persiapan semuanya. Kata guru-guru suruh baca saja. Untuk pelajaran hari ini suruh baca saja. Belum tahu mapelnya (mata pelajaran) gimana," imbuh Saddil.

Terkadang Saddil agak kesulitan dalam membagi waktu antara pendidikan dan sepakbola. Sebab jadwal yang pada di Gojek Liga 1 2018 sangat padat.

"Sulit (ketika) ada laga penting bagi saya dan Persela, tapi juga ada ujian sekolah. Itu yang bikin saya bimbang dan pusing," papar Saddil dinukil Okezone.


3. Egy Maulana Vikri

Egy Maulana Vikri dan rekan-rekannya di sekolah.

Selain kedua pemain tadi, adapula bintang Tim Nasional Indonesia U-19 Egy Maulana Vikri. Pemuda 17 tahun ini juga ikut menjalani Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN Ragunan.

Tak sungkan-sungkan pemain Lechia Gdansk ini juga memberikan sebuah kisah dalam menjalani tes tersebut. Bahkan ada satu mata pelajaran yang menurutnya agak sulit.

"Yang susah (diselesaikan)? Matematika doang, aduh," ujar Egy kala bertemu Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Polandia Marek Magierowski, di Batavia Cafe, Jakarta.

Selama bersekolah Egy mengambil jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Namun jurusan tersebut bukan pilihan Egy, tetapi teman-temannya yang memilihnya.

"Saya masuk jurusan IPS karena dipilih oleh teman-teman. Sebab ketika penjurusan, saya sedang menjalani pemusatan latihan bersama Timnas," imbuhnya.


4. Tiga Pemain Timnas Wanita

Dhanielle Daphne.

Beberapa penggawa Tim Nasional Indonesia wanita ternyata ada juga yang masih menjalani dunia pendidikan tingkat SMA. Tercatat ada tiga pemain Garuda Wanita, yakni Rizki Amalia Putri, Dhanielle Daphne, dan Ade Mustikiana Oktaviani.

Dari ketiga pemain wanita tadi, Rizki Amalia Putri memberikan ceritanya kala diizinkan pulang untuk mengikuti UNBK. Rizki sendiri siswa kelas 12 Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SMA Negeri 1 Gresik.

“Iya, saya izin pulang mengikuti UNBK. Sebab, ujian ini kan tidak bisa dilakukan ditempat lain. Jadi, ya sesuai dengan aturan, maka saya harus pulang,” kata Rizki.

Bahkan dirinya harus kembali ke pemusatan latihan usai kelar UNBK. “Saya pulang ke Gresik, sejak Minggu (8/4), dan kembali ke pelatnas setelah UNBK selesai,” jelas dara berposisi gelandang serang ini.

Kisah lainnya juga datang dari Dhanielle Daphne. Perempuan muda asal Jakarta ini tercatat sebagai siswa kelas 12 SMA Global Sevilla, Jakarta, ini mengaku malah semakin sibuk, lantaran harus bolak-balik.

“Agak ribet sih, soalnya aku harus mondar-mandir dari mess, ke sekolah, juga ke rumah. Tapi, sudah komit, ya harus dijalanin”, ujar Dhanielle yang tertarik menjadi desain interior ini seperti dicuplik NYSN Media.

IndonesiaTimnas u-19Timnas Indonesia U-23Timnas U-22Timnas IndonesiaLiga IndonesiaEgy Maulana VikriSaddil RamdaniTimnas Wanita IndonesiaFeby Eka Putra

Berita Terkini