x

Etihad Stadium Jadi Markas Man United Musim Depan?

Minggu, 15 April 2018 10:20 WIB
Editor: Isman Fadil
Bek tengah sekaligus kapten Man United, Chris Smalling (kiri) dan Vincent Kompany, bek tengah sekaligus kapten Man City.

Manchester United terancam bakal menjadi 'musafir' jika pihak manajemen ingin memperluas Stadion Old Trafford. Saat ini kapasitas Old Trafford berjumlah 74.994 kursi, manajemen Setan Merah ingin menambah kapasitas kursi menjadi 90.000 kursi.

Hal ini disampaikan langsung oleh direktur manajer Man United, Richard Arnold, bahwa klub mungkin harus pindah sementara waktu agar klub bisa meningkatkan kapasitas stadion pada tribune Sir Bobby Charlton.

Baca Juga

.


1. Tantangan Besar

Old Trafford, markas Manchester United.

Menurut Arnold, setiap upaya untuk menambah bangku ekstra ke stand Sir Bobby Charlton akan menjadi tantangan rekayasa yang besar. Pekerjaan untuk memperluas dari kapasitas saat ini 76.000 akan berlangsung selama beberapa musim, jika rencana tersebut mendapat lampu hijau.

Selain itu rencana renovasi dan pengembangan tersebut bakal membuat Man United kehilangan tempat tinggal, sebagaimana yang dinyatakan oleh Arnold kepada South China Morning Post.

“Stand Sir Bobby Charlton adalah stand terakhir yang belum dilebarkan,” kata Arnold.

Tribune Sir Bobby Charlton merupakan stand yang kurang diunggulkan di Old Trafford. Meskipun terjadi penambahan kapasitas, Arnold menyatakan tidak ada perubahan kedudukan.

“Tidak ada banyak ruang di kedua sisi stan tersebut, artinya ini menjadi rekayasa yang sangat rumit,” ungkapnya.


2. Pindah Kandang

Kekosongan Etihad Stadium saat Manchester City menghadapi Fulham.

Rencana perluasan serta penambahan kapasitas Old Traford sulit dilakukan di tengah kompetisi berjalan. Skuat asuhan Jose Mourinho pun harus tersingkir sementara dari stadion megah tersebut jika renovasi dimulai.

Laporan dari The Sun mengklaim, Manchester City dikabarkan akan mempertimbangkan untuk berbagi kandang dengan rival sekotanya, Manchester United.

Manchester City dan Manchester United pernah berbagi kandang pada era Perang Dunia kedua. Saat itu markas Setan Merah dijatuhi bom oleh pesawat perang Jerman pada malam tanggal 11 Maret 1941, yang membuat Old Traffod hancur menjadi puing-puing. MU pun menggunakan stadion sementara stadion lawas The Citizens, Maine Road, selama delapan tahun.


3. Sempat Tertunda

Pelatih Manchester United, Jose Mourinho

Pengembangan kapasitas Old Trafford sebelumnya juga harus tertunda karena rencana transfer dilakukan lebih dulu. Petinggi Manchester United, termasuk wakil ketua eksekutif Ed Woodward juga mendukung dan memprioritaskan agenda belanja Mourinho ketimbang renovasi stadion.

Dinukil dari laman Mirror, penundaan renovasi stadion kebanggaan Setan Merah itu untuk mendanai belanja pemain Jose Mourinho di bursa transfer musim panas. Mourinho nampaknya membutuhkan dana segar yang tak sedikit untuk mendatangkan pemain-pemain hebat di bursa transfer nanti.

Manchester UnitedManchester CityOld TraffordStadion Old TraffordLiga InggrisStadion Etihad

Berita Terkini