x

Di Piala Dunia 2018 Wasit Bisa Kartu Merahkan Pemain karena VAR

Rabu, 30 Mei 2018 20:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Logo Piala Dunia Rusia 2018.

2018 menjadi salah satu waktu yang sangat digemari oleh pencinta sepakbola. Sebab tahun ini perhelatan akbar si kulit bundar akan kembali menyapa masyarakat dunia.

Ya, pagelaran yang dimaksudkan adalah Piala Dunia. Kompetisi yang berlangsung empat tahunan ini akan diselenggarakan di daratan Eropa, tepatnya Rusia sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Kompetisi yang sudah memasuki edisi ke-21 ini akan dihelat pada 14 Juni hingga 15 Juli 2018. 32 negara yang menjadi kontestan akan beradu ketangkasan dalam menyuguhkan permainan indah di lapangan hijau.


1. Peraturan Baru

David Elleray.

Namun baru-baru ini International Football Association Board (IFAB) mengeluarkan aturan baru untuk Piala Dunia 2018. Hal tu disampaikan langsung oleh Direktur Teknik IFAB, David Elleray.

Peraturan baru ini dibuat lantaran sering terdapat beberapa kejadian yang luput dari pandangan mata wasit.


2. Kartu Merah

Kartu merah dan kartu kuning dalam sepakbola

Aturan tersebut adalah para wasit di Piala Dunia boleh mengeluarkan kartu merah ke pemain kala ada insiden yang tak tertangkap oleh Video Assistant Referee (VAR).

"Jika terjadi sesuatu jauh dari permainan yang terlewatkan dan itu belakangan menarik perhatian VAR atau asisen VAR. Merak dapat menginformasukannya kepada wasit dan ia dapat mengusir sang pemain walaupun kejadiannya telah berlalu," jelas David.


3. Insiden Serius

Mohamed Salah dan Sergio Ramos

Akan tetapi, penggunaan tersebut adalah untuk kejadian yang serius saja. Termasuk yang tak dipantau oleh wasit utama ketika laga berlangsung.

"Kami tidak mengantisipasi hal ini sangat sering terjadi. Ini hanya akan untuk pelanggaran-pelanggaran kartu merah serius," tambah David dilansir The Times.

Piala DuniaPiala Dunia 2018WasitBola InternasionalVideo Assistant Referees (VAR)Serba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini