x

Piala Dunia 2018: Kalah dari Prancis, Pelatih Argentina Sebut Messi 'Biang Kekacauan'

Minggu, 1 Juli 2018 05:43 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Gerry Crisandy
Lionel Messi usai Argentina kalah dari Kroasia di laga Grup D Piala Dunia 2018.

Tim Nasional Argentina harus mengubur mimpinya untuk bisa tampil di partai puncak dan menggondol trofi Piala Dunia 2018. Pasalnya, Tim Tango harus dikandaskan oleh Prancis di babak 16 besar dengan skor tipis 4-3.

Menanggapi kegagalan tersebut, pelatih Timnas Argentina, Jorge Sampaoli membeberkan beberapa alasan skuatnya bisa tumbang atas Prancis. Salah satunya adalah taktik dan para pemain lain tak bisa mengimbangi kemampuan Lionel Messi. 

Baca Juga

1. Adaptasi

Pelatih Argentina Jorge Sampaoli

Sampaoli menilai jika banyak faktor non teknis yang menimpa skuatnya saat ini. Taktik dan strategi yang diberikan olehnya tidak berjalan dengan baik karena harus beradaptasi dengan gaya bermain Lionel Messi.

"Saya pikir alih-alih memiliki ide jelas soal gaya bermain, kami justru beradaptasi pada hal-hal yang dibutuhkan. Kami memang memiliki kebutuhan jelas dan kami harus menang, itulah tujuan utama kami. Hal itu mungkin lebih kuat dari konsep sepak bola kami," kata Sampaoli seperti dikutip dari FIFA.

"Kami memiliki pemain terbaik di dunia (Messi) dan kami harus menciptakan situasi kolektif untuk benar-benar memanfaatkan pemain itu yang bisa memberikan banyak momen hebat untuk kami," bebernya. 


2. Coba Banyak Taktik Untuk Messi

Lionel Messi tampak tertunduk lesu setelah Argentina kembali tertinggal.

Pelatih berusia 58 tahun itu menilai jika dirinya telah mengeluarkan semua taktik yang dimilikinya. Semua taktik dan strategi telah dicoba guna bisa menyatukan Messi dengan para pemain lainnya. Namun, hal itu sering tidak berjalan dengan baik.

"Kami mencoba banyak taktik berbeda, mengelilingi dia (Messi), menciptakan ruang untuk dia, jadi kami mencoba menggunakan semua yang kami punya untuk membebaskan dia melakukan apa yang bisa dia perbuat.”

“Terkadang kami berhasil melakukan itu, terkadang tidak," imbuhnya.


3. Hargai Perjuangan

Pelatih Argentina, Jorge Sampaoli.

Terlepas dari kegagalan yang dialami oleh skuatnya di Piala Dunia 2018, Sampaoli sendiri mengaku sedih dan frustasi akibat kekalahan tersebut. Namun, dirinya tak ingin berlarut-larut dan tetap mengapresiasi perjuangan anak asuhnya.

"Saya sedih, saya frustrasi dan kiranya itu cukup normal. Kami gagal mencapai tujuan kami di sini, di Rusia," tandas dia.

"Para pemain sudah berjuang keras sampai akhir dan mereka nyaris menyamakan kedudukan di akhir laga dan hal itulah yang sangat saya hargai. Mereka sudah bekerja sangat keras dan saya ingin berterima kasih." pungkasnya.

Berikut tim-tim yang telah melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.:

Terus ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

ArgentinaLionel MessiPiala DuniaPiala Dunia 2018Jorge SampaoliBola InternasionalSerba-Serbi Piala Dunia 2018

Berita Terkini