x

3 Klub yang Harusnya Jadi Pilihan Ronaldo Ketimbang Juventus

Jumat, 13 Juli 2018 14:48 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo.

Banyak pihak yang menilai bahwa kepindahan Cristiano Ronaldo dari Real Madrid ke Juventus adalah sebuah kesalahan besar. Bagaimana tidak, Ronaldo adalah sebuah nama besar dalam dunia sepakbola.

Dirinya berkembang menjadi pemain kelas dunia sejak berkarier di Manchester United hingga kemudian mengabdikan diri bersama Los Blancos selama sembilan tahun dan menjadikannya sebagai pemain legendaris.

Di usianya yang menginjak 33 tahun, Ronaldo telah memenangkaan 26 piala dalam kariernya termasuk 5 gelar Liga Champions.

Baca Juga

Tonton Video Dokter Sport: Resep Jitu Orang Indonesia Main di Liga Inggris

Bermain di Santiago Bernabeu sejak 2009, Ronaldi telah menghasilkan 311 gol dalam 292 pertandingan. Ia juga berperan besar dalam 3 gelar Liga Champions beruntun yang diraih Real Madrid. Dan bersama rivalnya Lionel Messi, ia telah memegang rekor lima kali gelar Ballon d’Or.

Tidak hanya di ibukota Spanyol, Ronaldo juga bermain untuk negaranya Portugal, dengan memenangkan Piala Eropa 2016. Dirinya juga tampil cemerlang di Piala Dunia 2018 dengan torehan 4 gol meskipun akhirnya tersingkir di babak 16 besar.

Ronaldo sudah resmi menjadi pemain baru Juventus.

Ronaldo akhirnya memutuskan pindah ke juara Serie A Italia, Juventus dengan nilai transfer 105 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun. Sebuah tantangan baru kini akan menghampiri Ronaldo di Turin selama empat tahun, namun akan lebih baiknya jika Ronaldo pindah ke klub lain.

Mari kita lihat di klub mana seharusnya Cristiano Ronaldo mempertimbangkan masa depannya alih-alih bergabung dengan Juventus, seperti dirangkum INDOSPORT dari Sportskeeda:


1. 1. Manchester United

Ferguson dan Ronaldo saat masih membela Manchester United.

Manchester United merupakan rumah kedua bagi Ronaldo dalam karier profesionalnya di dunia sepakbola. Setan Merah mendatangkan Ronaldo dari Sporting dengan nilai transfer sebesar 12,24 juta euro atau sekitar Rp205 miliar.

Dia memainkan peran penting dalam kemenangan treble United di musim 2008/09, dan kemudian dijual ke Real Madrid oleh Alex Ferguson dengan nilai rekor dunia sebesar 80 juta poundsterling atau sekitar Rp1,5 triliun.

Di bawah rezim Jose Mourinho kini, Ronaldo memang sempat diharapkan bergabung menjadi tambahan yang solid di skuat United. Klub telah finis di posisi kedua Lige Primer Inggris di belakang rival sekota Man City, sehingga mereka membutuhkan Ronaldo untuk merebut gelar.

Ronaldo pun belum kehilangan penggemarnya di Man United, sehingga dirinya akan benar-benar menikmati tahun-tahun terakhir karier sepakbilanya. Para penggemar tentu saja kecewa mendengar pemain pujaannya tidak memilih klub yang membantu membesarkan namanya.


2. 2. Paris Saint-Germain

Cristiano Ronaldo diisukan hengkang ke Paris Saint-Germain.

Sebelum pindah ke Juventus, Ronaldo telah dikaitkan dengan ketertarikan Paris Saint-Germain. PSG dinilai memiliki kekuatan finansial yang cukup besar melebihi Juventus saat ini, apalagi hanya uang sebesar 105 juta euro untuk Ronaldo. PSG bisa menukar bintangnya, Neymar, yang diincar Real Madrid sebagai Galatico selanjutnya.

PSG telah menancapkan dirinya sebagai klub terkuat yang mendominasi sepakbola Prancis dengan menjuarai Ligue 1 Prancis musim lalu. Kedatangan Ronaldo bisa menjadi kekuatan baru membuat mereka tidak terkalahkan dan menghalau ancaman apapaun dari klub Prancis lainnya seperti Monaco dan Lyon.

Tak hanya itu saja, bersama Ronaldo, PSG juga bisa menantang gelar Liga Champions pertama mereka. tampaknya keputusan pindah ke PSG menjadi keuntungan bagi Ronaldo dan Real Madrid.


3. 3. Sporting CP

Cristiano Ronaldo saat masih di Sporting Lisbon.

Sporting CP merupakan salah satu klub papan atas di Liga Primeira Portugal. Bersama dengan kubu Porto FC, Sporting mendominasi sepakbola klub di negara tersebut, juga termasuk melahirkan dua pemain berbakat hebat Luis Figo dan Ronaldo.

Sebelum bermain untuk Man United, Ronaldo menghabiskan masa mudanya bermain untuk Sporting. Ronaldo seharusnya mempertimbangkan untuk kembali ke Sporting daripada Juve.

Kembalinya ke klub Portugal akan menjadi tantangan baru dan membantu melambungkan tim pertamanya menjadi klub terbaik dan menantang Liga Champions.

Baca Juga

Keputusan tersebut juga menjadi homecoming bagi Ronaldi serta untuk merenungkan rencana pensiunnya dalam 3-4 tahun kemudian.

Berikut Dua Tim yang Berhasil Masuk ke Babak Final Piala Dunia 2018:

Ikuti berita terbaru INDOSPORT dengan topik: PIALA DUNIA 2018 RUSIA

Bursa TransferReal MadridManchester UnitedCristiano RonaldoParis Saint-GermainJuventusSporting LisbonBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini