x

4 Negara Asia Tenggara yang Pernah Lolos ke Piala Dunia U-20

Selasa, 4 September 2018 16:03 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Empat negara Asia Tenggara yang pernah main di Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola di tiap negara belahan bumi manapun, pasti akan sangat senang apabila bisa tampil dalam gelaran Piala Dunia. Rasa bangga dan semangat nasionalisme akan melambung tinggi seandainya hal itu bisa terwujud. 

Begitu pun juga dengan yang dialami Timnas Indonesia. Lolos ke Piala Dunia jadi harapan yang sangat ingin diwujudkan.

Peluang pun datang dari Timnas Indonesia U-19. Syaratnya, skuat asuhan Indra Sjafri harus mampu melenggang sampai babak semifinal Piala Asia U-19 2018 di Indonesia Oktober mendatang. Indonesia U-19 sendiri tergabung dalam Grup A bersama Uni Emirat Arab dan Taiwan.

Baca Juga

Empat negara terakhir yang bertahan di Piala Asia U-19 2018, otomatis akan langsung lolos ke Piala Dunia U-20 2019 di Polandia. Indonesia bisa menjadi salah satunya apabila mampu melenggang ke partai semifinal Piala Asia u-19 2018. Apalagi status tuan rumah Piala Asia U-19 seakan menjadi kekuatan tersendiri untuk Garuda Nusantara.

Sedikit menengok ke belakang, ada empat negara asal Asia Tenggara yang pernah tampil di Piala Dunia U-20. Indonesia ternyata masuk ke dalam deretan tersebut. Semoga, bisa diulang kembali ya! Berikut rangkuman INDOSPORT.com.


1. 1. Timnas Indonesia U-20

Skuat Timnas Indonesia U-19.

Kesempatan spesial ini terjadi sekitar 39 tahun lalu. Timnas Indonesia U-20 pernah tampil berlaga dalam gelaran Piala Dunia U-20 1979 di Jepang.

Lolosnya Indonesia ke ajang ini sebenarnya berbau keberuntungan. Pasalnya, status Indonesia hanya menggantikan Irak yang menolak ikut serta dalam gelaran Piala Dunia U-20 1979.

Kala itu, Indonesia mendapat hasil buruk dengan menjadi juru kunci grup. Tergabung ke dalam Grup B bersama Argentina yang diperkuat Diego Maradona, Polandia, dan Yugoslavia, pasukan Garuda gagal mencetak satu poin dan satu gol pun, ditambah 16 kali kebobolan. 


2. 2. Timnas Vietnam U-20

Skuat Vietnam U-23 yang berlaga di Asian Games 2018.

Timnas Vietnam U-19 berhasil lolos hingga partai semifinal Piala Asia U-19 2016 di Bahrain. Hasil ini pun membuat mereka berhak lolos ke Piala Dunia U-20 2017 di Korea Selatan.

Kala itu, nasib Vietnam juga terhenti di fase grup. Tergabung di Grup F bersama Prancis, Honduras, dan Selandia Baru, Vietnam hanya meraih satu poin saat melawan Selandia Baru dan gagal mencetak satu gol pun plus enam kali kebobolan.


3. 3. Timnas Myanmar U-20

Skuat Timnas Myanmar U-19.

Timnas Myanmar U-19 berhasil melenggang hingga partai semifinal di ajang Piala Asia U-19 2014 di kandang sendiri. Berkat hasil ini, Myanmar berhak ikut serta ke dalam gelaran Piala Dunia U-20 2015 di Selandia Baru.

Nasibnya pun tak jauh beda dengan Vietnam dan Indonesia, Myanmar juga terhenti di fase grup dengan status juru kunci. Tergabung di dalam Grup A bersama Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Ukraina, Myanmar gagal mencetak satu poin pun dan kebobolan 13 kali.


4. 4. Timnas Malaysia U-20

Skuat Timnas Malaysia U-19.

Piala Dunia U-20 1997, Timnas Malaysia U-20 berhasil ikut serta ke dalamnya. Kala itu, Malaysia berstatus sebagai tuan rumah.

Baca Juga

Status tuan rumah ternyata tak juga membuat prestasi Malaysia lebih baik ketimbang tiga negara Asia Tenggara lainnya. Tergabung di Grup A bersama Belgia, Maroko, dan Uruguay, Malaysia juga terhenti di babak grup sebagai juru kunci dengan torehan 0 poin.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Intenasional di INDOSPORT