x

4 Kontroversi Jelang Laga Persahabatan Indonesia vs Mauritius

Sabtu, 8 September 2018 15:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Timnas Indonesia U-23 vs Uni Emirat Arab (UEA)

INDOSPORT.COM - Timnas sepak bola Indonesia akan mengadakan pertandingan uji coba pertama mereka, jelang bergulirnya Piala AFF 2018 yang akan dimulai bulan November mendatang.

Induk persatuan sepak bola Indonesia (PSSI) pun memilih Mauritus sebagai lawan pertama Evan Dimas dan kolega pada Selasa (11/09/18) nanti.

Jelang berlangsungnya laga persahabatan tersebut, sejumlah polemik terjadi dan menghiasi skuat Timnas Indonesia.

Mulai dari jadwal yang berubah, status pertandingan di mata FIFA, dan hal lainya yang menjadikan ketidakjelasan jelang laga internasional tersebut.

Baca Juga

Dan berikut sekelumit masalah yang sempat menggerayangi Timnas Indonesia sebelum laga melawan Mauritius pekan depan, yang dirangkum oleh INDOSPORT.


1. Waktu Pertandingan

Ratu Tisha, Sekjen PSSI

Sebelumnya, PSSI telah menjadwalkan laga Indonesia vs Mauritius tersebut akan berlangsung pada pukul 18.30, sesuai dengan pernyataan Sekjen PSSI, Ratu Tisha.

"Kami inginnya pukul 18.30 WIB, tetapi RCTI inginnya sore hari," kata Ratu Tisha Destria pada Kamis (06/09/18).

Namun hal itu batal terjadi dan membuat pertandingan uji coba tersebut digelar lebih awal pada pukul 16.30 WIB. Sekadar informasi, pukul 18.30 WIB sendiri merupakan waktu prime time dan televisi swasta tersebut memiliki program andalan di waktu tersebut.

Baca Juga

Sementara pada pukul 16.30 WIB sendiri dapat dikatakan sebagai waktu-waktu krisis untuk dihadiri penonton, karena terjadi pada hari weekdays dan masih banyaknya masyarakat pencinta sepak bola Tanah Air yang bekerja.


2. Status Pertandingan di Mata FIFA

FIFA.

Keputusan kepengurusan Timnas untuk menggelar laga uji coba melawan Mauritius sebenarnya patut dipertanyakan. Pasalnya, pertandingan ini sempat tak dianggap ada oleh federasi sepak bola Internasional, FIFA.

Namun akhirnya, FIFA kembali merilis daftar pertandingan-pertandingan persahabatan dan memasukan nama Indonesia vs Mauritius ke dalam jadwal agenda pertandingannya.

Baca Juga

Hal ini dipastikan juga lewat pernyataan PSSI, pada Rabu (05/09/18) yang memastikan jika pertandingan melawan Mauritius adalah pertandingan yang berstatus FIFA A-match atau masuk ke dalam jadwal FIFA.


3. Perubahan Venue Pertandingan

Potret Stadion Wibawa Mukti, Cikarang.

Sebelum ditetapkanya Stadion Wibawa Mukti sebagai tempat berlangsungnya laga uji coba tersebut, PSSI sempat menetapkan Stadion Patriot Candrabhaga sebagai venue pertandingan.

Namun dengan alasan keamanan dan izin dari pihak berwajib, membuat induk sepak bola Tanah Air tersebut memindahkanya ke Stadion Wibawa Mukti.

"Venue laga uji coba internasional Indonesia kontra Mauritius mengalami perubahan. Pertandingan yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Patriot Candrabhaga dipindah menjadi di Stadion Wibawa Mukti akibat alasan izin keamanan," tulis pengumuman PSSI di situs resminya.

Baca Juga

Namun, dipilihnya Wibawa Mukti sebagai venue juga masih menyisakan sebuah pertanyaan. Hal itu diungkapkan oleh PT Harapan Jaya Lestarindo melalui Instagram resminya, @lestarindo_soccerfield.

Di sini, PT Harapan Jaya Lestarindo meyakini bahwa stadion yang berkapasitas 40.000 penonton sedang dalam perawatan sehingga belum layak untuk digunakan.

Sekadar informasi, PT. Harapan Jaya Lestarindo sendiri merupakan kontraktor atau pengelola Stadion Wibawa Mukti dan Stadion Patriot Candrabhaga.

Dikabarkan pula bahwa mereka adalah pihak yang mengerjakan berbagai macam renovasi yang dibutuhkan oleh Stadion Patriot dan Stadion Wibawa Mukti untuk persiapan Asian Games 2018.


4. Bentrokan Jadwal Liga 1

Kapten Persipura Jayapura Boaz Solossa.

Dan kontroversial terakhir adalah penjadwalan laga Timnas Indonesia esok. Seperti yang diketahui jika kasta tertinggi Liga Indonesia, Gojek Liga 1 sempat libur lantaran gelaran Asian Games 2018 dan baru akan kembali digulir mulai pekan ini.

Namun di saat yang bersamaan pula, beberapa pilar utama dalam tim yang akan bertanding tersebut harus rela bergabung dengan Timnas.

Bahkan hal tersebut sampai membuat salah ujung tombak Timnas Indonesia, Boaz Solossa merasa kesal dan meluapkan kekesalannya di akun Instagram pribadinya.

Gara-gara jadwal uji coba Timnas, Boaz Solossa uring-uringan di Medsos
Baca Juga

Meski telah mengklarifikasi soal postingannya tersebut, namun ada baiknya jika PSSI segera berbenah dan lebih bijak dalam menyusun jadwal serta agenda Timnas di level Internasional.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

PSSITimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalLiga IndonesiaASEAN Football Federation (AFF)Piala AFF 2018TRIVIAMauritius

Berita Terkini