x

4 Pelatih Eropa Menganggur yang Layak Latih Timnas Indonesia

Senin, 17 September 2018 14:01 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Yohanes Ishak
Logo PSSI.

INDOSPORT.comLuis Milla tak kunjung memberikan kabar terkait masa depannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. PSSI juga belum menunjuk pelatih pengganti jelang Piala AFF 2018.

Induk sepak bola Indonesia, PSSI, dikabarkan telah membidik 2 calon pelatih pengganti Milla. Simon McMenemy dan Widodo C. Putro menjadi kandidat terkuat sebagai suksesor pelatih asal Spanyol tersebut.

Di tengah persaingan sepak bola di kawasan Asia Tenggara yang ketat, masyarakat Indonesia menuntut keberadaan pelatih asing yang berkualitas.

Baca Juga

Kualitas seorang pelatih tentu dilihat dari rekam jejaknya yang mentereng dan tentu saja kualitas dalam menyusun strategi. Tak khayal, nama-nama pelatih tenar di Eropa bisa jadi pilihan untuk melatih Timnas senior.

Timnas Thailand telah mengambil langkah tersebut untuk menyongsong Piala Asia 2019. Mereka menunjuk eks pelatih Ghana di Piala Dunia 2010, Milovan Rajevac. Ia bahkan dikontrak jangka panjang oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT).

Seandainya PSSI memiliki kesempatan merekrut pelatih top Eropa, ada sejumlah pelatih hebat yang tengah menganggur saat ini. Mereka memiliki keunggulan tersendiri sesuai kapasitasnya sebagai pelatih.

Berikut INDOSPORT rangkum 4 pelatih top Eropa menganggur yang layak melatih Timnas Indonesia.


1. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane, eks pelatih Real Madrid.

Legenda sepak bola Prancis ini berhasil memberikan gelar juara Liga Champions sebanyak 3 kali secara beruntun kepada Real Madrid usai menggantikan Carlo Ancelotti di musim 2015/16.

Zinedine Zidane mampu menyusun skuat Los Blancos dengan pemain lokal yang tidak kalah hebat. Ia juga tidak terlalu membutuhkan banyak belanja untuk dapat berprestasi.

Kemampuan tersebut sangat diperlukan Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2018 pada November nanti. Garuda hanya punya waktu kurang dari 3 bulan untuk mempersiapkan diri.

Baca Juga

Sosok Zidane dipercaya mampu dengan cepat menyelesaikan masalah tersebut. Meskipun belum memiliki pengalaman di melatih Timnas, ia setidaknya memiliki pengalaman mengesankan bersama Timnas Prancis yang dapat ia bagi kepada anak asuhnya.


2. Antonio Conte

Antonio Conte saat mendampingi latihan pramusim Chelsea di Cobham Training Centre.

Antonio Conte masih menganggur usai dipecat Chelsea. Pada bursa transfer musim panas lalu, ia sempat didekati oleh klub raksasa Serie A Italia, AC Milan.

Pelatih asal Italia itu berhasil memberikan gelar Liga Primer Inggris 2016/17 pada musim pertamanya di Inggris. Dengan mengandalkan formasi 3 bek, ia dengan cepat mampu mengubah permainan The Blues sesuai keinginannya.

Timnas Indonesia akan merasa beruntung memiliki Conte sebab permainan Garuda akan lebih taktis khas sepak bola Italia. Selain itu, ia tentu mempunyai solusi pertahanan tim yang lebih solid.

Baca Juga

Conte dapat memberikan kembali aroma Italia yang dulunya sempat menghiasi sepak bola Indonesia di awal tahun 2000-an. Indonesia pernah akrab dengan formasi 3-5-2.


3. Arsene Wenger

Arsene Wenger, eks pelatih Arsenal.

Eks pelatih Arsenal ini terkenal dalam mengangkat nama pemain biasa menjadi terkenal. Arsene Wenger juga lihai dalam membidik dan mengembangkan potensi pemain muda.

Selain itu, Wenger memiliki pengalaman melatih di Jepang. Ia setidaknya tentu telah mengetahui kultur sepak bola Asia.

Baca Juga

Pelatih asal Prancis tersebut dapat melanjutkan tugas Luis Milla yang diminta membangun pondasi pemain muda. Tidak hanya itu, Wenger juga bisa dilibatkan dalam pengembangan pembinaan sepak bola usia dini di Indonesia.


4. David Moyes

David Moyes, eks West Ham United.

Pelatih asal Skotlandia ini telah diakui oleh Sir Alex Ferguson. David Moyes bahkan ditunjuk sebagai suksesornya di Manchester United.

Moyes menjadi pilihan yang realistis bagi Timnas Indonesia untuk membidik pelatih top Eropa sebagai juru taktik. Meskipun belum memiliki pengalaman di level tim nasional, ia telah memiliki kualitas menangani klub Liga Primer Inggris.

Baca Juga

Eks pelatih Everton tersebut kabarnya tengah dilirik oleh Timnas Amerika Serikat. Melatih suatu negara akan menjadi pengalaman baru bagi Moyes.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola dan Informasi Seputar Timnas Indonesia di INDOSPORT

Arsene WengerZinedine ZidaneAntonio ConteDavid MoyesTimnas SeniorTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini